40 Siswa Madrasah Rebut Medali di Olimpiade Matematika Internasional

40-siswa-madrasah-rebut-medali-di-olimpiade-matematika-internasional International Mathematical Olympiad (HKIMO) 2021 (Dok. Kemenag RI). ()

PINDAINEWS--40 siswa madrasah berhasil merebut medali di ajang Hongkong International Mathematical Olympiad (HKIMO) 2021. 40 medali tersebut terdiri dari 2 medali emas, 14 perak, dan 24 perunggu. 

"Syukur Alhamdulillah, saya bangga atas prestasi siswa madrasah di kancah internasional," tutur Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Muh. Ishom, dalam siaran tertulisnya, Sabtu (12/6/2021). 

Medali Emas diarih oleh Muhammad Thariq Aulia Rahman Lubis (MA Darul Mursyid), dan  Naila Farikha (MTs N 1 Jepara).

"Ini semakin membuktikan madrasah sudah siap dan mampu bersaing di segala bidang di dunia internasional,ā€¯imbuhnya. 

HKIMO merupakan Olimpiade Matematika Internasional Hongkong yang dikembangkan oleh mantan Ketua Tim Olimpiade Matematika Hongkong, Wong Tin Chun.

Tujuan pengembangan HKIMO adalah untuk mempromosikan Olimpiade Matematika ke seluruh dunia. Makalah ujian terdiri dari lima topik utama, yakni berpikir logis, aritmatika/aljabar, teori bilangan, geometri & kombinatorik. Olimpiade ini diikuti oleh ribuan siswa dari 18 negara. 

Ishom menuturkan di tengah pandemi global, siswa madrasah mampu unjuk prestasi menyapu gelar juara lomba matematika tingkat internasional. Madrasah sudah mampu melahirkan talenta-talenta berbakat untuk mengisi ruang-ruang kosong yang dibutuhkan bangsa. Hal ini dapat menjadi motivasi dan perlu diketahui oleh siswa madrasah di seluruh penjuru Indonesia. 

"Tiada hari tanpa prestasi, itulah yg hari ini madrasah torehkan dengan kemandirian, berproses menuju prestasi gemilang," ujar Ishom. 

Seleksi HKIMO 2021 tingkat nasional dilaksanakan secara daring pada 2 Mei 2021. Pengumuman hasil seleksi HKIMO 2021 tingkat nasional disampaikan secara daring pada Rabu, 9 Juni 2021 via live Streaming Youtube di sini.

Editor: Haris Pam

Komentar