Biden Sebut AS Tinjau Pencabutan Larangan Perjalanan Untuk Eropa

biden-sebut-as-tinjau-pencabutan-larangan-perjalanan-untuk-eropa Biden Sebut AS Tinjau Pencabutan Larangan Perjalanan Untuk Eropa. (antaranews.com)

PINDAINEWS,-- Presiden Joe Biden mengatakan bahwa Amerika Serikat sedang meninjau kapan dapat mencabut pembatasan yang melarang sebagian besar warga non-AS dari sebagian besar negara Eropa untuk bepergian ke AS.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Biden setelah Kanselir Jerman Angela Merkel mengangkat masalah tersebut.

"Hal itu sedang dalam proses sekarang," ujar Biden dikutip dari LKBN Antara, Jumat (16/7/2021)

Presiden AS itu mengatakan dia berharap dapat menjawab "dalam beberapa hari ke depan apa yang akan dilakukan mengenai larangan perjalanan itu".

"Saya menunggu untuk mendengar dari orang-orang dalam tim COVID kami tentang kapan (pencabutan larangan perjalanan) itu harus dilakukan," ujarnya.

Merkel menyebutkan bahwa Biden mengatakan kepadanya hal yang sama seperti yang disampaikan kepada pers. Kedua pemimpin tersebut juga membahas dampak COVID-19 varian Delta.

"Pencabutan larangan perjalanan itu harus menjadi keputusan yang berkelanjutan. Tentu tidak masuk akal jika harus memberlakukannya kembali setelah hanya beberapa hari," kata Merkel.

Maskapai penerbangan dan lainnya telah mendesak pemerintah AS untuk mencabut pembatasan perjalanan yang mencakup sebagian besar warga negara non-AS yang baru-baru ini berada di Inggris, 26 negara Schengen di Eropa tanpa kontrol perbatasan, Irlandia, China, India, Afrika Selatan, Iran, dan Brazil.

Banyak negara yang tidak dikenakan pembatasan perjalanan oleh AS memiliki tingkat COVID-19 yang jauh lebih tinggi daripada banyak negara Eropa yang dikenai pembatasan yang berlaku sejak Maret 2020.


Editor: DARMO SURYO

Komentar