Gunakan Bongsang Untuk Daging Kurban, Ini Alasan Baznas Jakarta Timur

gunakan-bongsang-untuk-daging-kurban-ini-alasan-baznas-jakarta-timur Gunakan Bongsang Untuk Daging Kurban, Ini Alasan Baznas Jakarta Timur. (antaranews.com)

PINDAINEWS.-- Baznas Baziz Jakarta Timur mendistribusikan sebanyak 101.000 bongsang atau keranjang dari anyaman bambu untuk wadah daging kurban bagi masyarakat, saat Idhul Adha 1442 Hijriah.

Koordinator Baznas Bazis Jakarta Timur, Eka Nafisa mengatakan tujuan pendistribusian kemasan ramah lingkungan tersebut untuk menggantikan kantong plastik sebagai wadah daging kurban.

"Penyediaan bongsang untuk didistribusikan ke 10 kecamatan di wilayah Jakarta Timur," ujar Eka Nafisa dikutip dari LKBN Antara, Sabtu (17/7/2021)

Eka menambahkan pendistribusian bongsang itu juga merupakan upaya tindak lanjut dari Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan.

Selain dibagikan seluruh kecamatan, kata Eka, masyarakat juga dapat datang sendiri untuk mengambil bongsang yang telah disediakan di lobi gedung Blok D Kantor Wali Kota Jakarta Timur.

Eka berharap pendistribusian bongsang sebagai wadah daging kurban dapat mengurangi sampah plastik di Jakarta.

"Bongsang juga mengingatkan dengan tradisi budaya Betawi, selain ramah lingkungan juga dapat mengurangi sampah plastik di wilayah DKI Jakarta khususnya Jakarta Timur," tandasnya.

Editor: DARMO SURYO

Komentar