Iduladha Ditengah Covid, Ini Pesan Oded pada Masyarakat Kota Bandung

iduladha-ditengah-covid-ini-pesan-oded-pada-masyarakat-kota-bandung Iduladha Ditengah Covid-19, Ini Pesan Oded pada Masyarakat Kota Bandung. (Trie Widiyantie/PindaiNews)

PINDAINEWS, Bandung - Wali Kota Bandung, Oded M. Danial beserta keluarga melakukan sholat Iduladha 1442 H di Pendopo Kota Bandung, Selasa (20/7) yang dimulai pukul 07.00 WIB. Sholat Iduladha kali ini hanya diikuti oleh belasan anggota keluarga. 

"Iduladha tahun ini masih diselimuti suasana Covid-19 dan Pemerintah memberi kebijakan shalat idul adha di rumah masing-masing," ungkap Oded usai melaksanakan sholat Iduladha. 

Disampaikannya, suasana Iduladha ditengah situasi Covid-19 ini kita semua diberi kesempatan untuk melakukan napak tilas dari Nabi Ibrahim A.S. "Yaitu memiliki sebuah perjuangan didalam kehidupannya yang bernama waktu tadhiyah artinya jiwa pengorbanan yang sangat luar biasa," paparnya. 

Dalam konteks hari ini, kata Oded, kita bangsa Indonesia khususnya masyarakat di dunia yang sedang mengalami ujian Covid-19. Inilah saatnya kita justru merefleksikan bagaimana spirit dari tadhiyah itu. 

"Kita hadirkan hari ini, misalnya dimulai pengorbanan, kita ini harus berkorban caricing diimah (diam dirumah), sosial distancing, pakai masker, semua prokes kita ini tadhiyah kita berkorban," ujarnya. 

Diakuinya, kondisi tersebut pasti tidak enak,  tapi sesuatu yang tidak enak itu merupakan suatu ujian untuk tadhiyah tadi yakni berkorban.

"Sekarang mah kita dalam konteks menghadapi Covid-19 ini mari kita berkorban, melaksanakan prokes yang baik, yang lainnya juga dampak sosial luar biasa ya, dampak dari Covid-19 ini banyak masyarakat yang merasa lelah diam di rumah, makanan tidak ada. Untuk itu yang memiliki rejeki lebih bertadhiyah hari ini," imbuh Mang Oded. 

Hal itu pula yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung yakni berkurban di tahun ini. "Dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Domba 114 ekor dan Sapi 64 ekor. Untuk penyalurannya kepada lembaga-lembaga dari mulai Forkopimda, ormas-ormas Islam, dan juga pesantren-pesantren. Semoga bermanfaat bagi warta Bandung," tandas Oded. 

Editor: DARMO SURYO

Komentar