Aqua Jadi Produk Terbaru Hybrid Toyota. Hadir di Indonesia Kapan?

aqua-jadi-produk-terbaru-hybrid-toyota-hadir-di-indonesia-kapan The New Generation Toyota Aqua.. (antaranews.com)

PINDAINEWS -- Terus berkembangnya pasar kendaraan go green, menyebabkan banyak industri otomotif raksasa memproduksi varian ramah lingkungan itu. Adalah raksasa asal Jepang, Toyota Motor Corporation, satu di antaranya.

Diwartakan Lembaga Kantor Berita Nasional Antara, secara resmi, Toyota Motor Corporation menghadirkan The New Generation Toyota Aqua alias Toyota Prius C. 

Seperti Toyota Prius, The New Generation Toyota Aqua ini adalah varian hybrid. Namun, Toyota Motor Corporation mengklaim bahwa produk terbaru itu lebih efisien 20 persen daripada pendahulunya. Selain itu, varian terbaru ini pun ditunjang sejumlah platform baru dan desain yang lebih moderen.

Platform The New Generation Toyota Aqua yakni TNGA GA-B, yang debut tahun lalu pada Toyota Yaris berspesifikasi Euro. Model terbaru Toyota Motor Corporation ini ditopang engine 1.5 Liter Naturally Aspirated yang ditopang motor listrik. The New Generation Toyota Aqua dilengkapi baterai nikel-hidrogen bipolar terbaru. 

Hebatnya, The New Generation Toyota Aqua bisa beroperasi pada Mode Electric Vehicle (EV) yang lebih lama. Kinerja mode EV itu berlangsung dalam spektrum skenario yang lebih luas sebelum mesin ICE bekerja.

Saat mengandalkan tenaga hybrid, pengendara cukup menggunakan satu pedal. Ini mirip pola pada Baterry Electric Vehicle (BEV) dan Plug In Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Itu terjadi Mode Power+ yang memanfaatkan pengereman regeneratif untuk deselerasi.

Selain itu, The New Generation Toyota Aqua pun menerapkan Four All Wheel Drive (4 AWD). Jika saat berkendara menggunakan engine konvensional, yakni  berbahan bakar bensin, komsumsinya sangat irit, yakni hanya memerlukan 2,79 liter untuk menempuh jarak 100 kilo meter.

Sayangnya, The New Generation Toyota Aqua belum hadir di Indonesia. Jepang adalah pasar perdana bagi The New Generation Toyota Aqua.

Jadi, kapan The New Generation Toyota Aqua hadir di tanah air? Tunggu tanggal mainnya.


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar