Tim SAR Masih Cari Puluhan Korban Kapal Tenggelam

tim-sar-masih-cari-puluhan-korban-kapal-tenggelam Tim SAR masih cari korban kapal tenggelam di Kalbar.. (antaranews.com)

PINDAINEWS -- Musibah dan kecelakaan bisa terjadi di mana saja, kapan saja, dan menimpa siapa saja. Seperti yang terjadi pada perairan Kalimantan Barat.

Kabarnya, pada 13 Juli 2021, pada perairan Muara Jungkat Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat, sejumlah kapal mengalami berbagai musibah. Antara lain, hilang, terdampar, dan tenggelam. Penyebabnya,  cuaca buruk. Akibatnya, puluhan orang tewas dan masih dalam pencarian.

Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara mewartakan, operasi Gabungan Pencarian dan Pertolongan korban musibah belasan kapal akibat cuaca buruk pada perairan Kalimantan Barat resmi berlangsung lebih lama hingga 23 Juli 2021.

“Operasi pencarian berlanjut hingga 23 Juli 2021,” tandas Kepala Dinas Penerangan Komando Armada (Koarmada) I Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL), Letnan Kolonel (Letkol) Laut (P), La Ode M. Holib, Selasa (20/7/2021) malam pukul 19.45 WIB.

Sebelumnya, operasi pencarian berlangsung selama tujuh hari setelah pasca laporan ke-17 kapal itu hilang, terdampar, dan tenggelam akibat cuaca buruk.

Hingga kini, jumlah korban yang masih dalam pencarian sebanyak 33 orang. Sebanyak 105 orang ditemukan tim gabungan, 83 orang di antaranya selamat, dan 22 orang lainnya tewas. 

Pada 19-20 Juli 2021, TNI AL berhasil mengevakuasi delapan korban. Dua orang di antarnya selamat, dan enam orang lainnya tewas.

Dalam pencarian ini, TNI AL mengerahkan tiga Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), dua pesawat udara patroli maritim, sejumlah Kapal Angkatan Laut (KAL), serta ratusan personel.

Tiga KRI yang terlibat pencarian, yakni KRI Kerambit-627, KRI Clurit-641, dan KRI Usman Harun-359. Sedangkan pesawat intai maritim yang terdiri atas CN235 P-8305 dan Cassa MPA P-8203.


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar