Catat, Para TKA Tidak Bisa Masuk Indonesia

catat-para-tka-tidak-bisa-masuk-indonesia Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly.. (net)

PINDAINEWS -- Bergulirnya penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang berlanjut hingga 25 Juli 2021, sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Dalam agenda ini, pemerintah memberlakukan berbagai pembatasan. Hal itu pun berlaku bagi para tenaga kerja asing (TKA).

Melansir Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM), Yasonna Laoly, menyatakan, pihaknya menerbitkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkum HAM) Nomor 27/2021 tentang Pembatasan Orang Asing Masuk ke Wilayah Indonesia dalam Masa PPKM Darurat.

Artinya, jelas dia, TKA, yang sebelumnya datang sebagai bagian proyek strategis nasional atau alasan penyatuan keluarga, kini, tidak lagi bisa masuk ke Indonesia. 

Kendati demikian, lanjutnya, warga negara asing (WNA) yang boleh masuk ke Indonesia hanya pemegang visa diplomatik dan visa dinas, pemegang izin tinggal diplomatik dan izin tinggal dinas, pemegang izin tinggal terbatas, dan izin tinggal tetap.

"Lalu, WNA yang ke Indonesia berkenaan dengan kesehatan dan kemanusiaan. Termasuk, awak alat angkut yang datang dengan alat angkutnya, tandas Yasonna, Rabu (21/7/2021).

Pada sisi lain, kata dia, WNA yang tergolong pengecualian dalam Permenkumham itu pun memerlukan rekomendasi kementerian atau lembaga lainnya agar bisa masuk ke Indonesia.

Pihaknya, tuturnya, segera berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga lainnya tentang WNA yang masih boleh masuk ke Indonesia sesuai aturan baru.

"Misalnya, koordinasi dengan Kemenlu (Kementerian Luar Negeri) apabila ada diplomat yang hendak masuk ke Indonesia karena alasan tugas. WNA yang masuk berkaitan dengan kesehatan dan kemanusiaan, juga harus memiliki rekomendasi kementerian atau lembaga yang menyelenggarakan fungsi penanganan Covid-19," pungkasnya.


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar