Jembatan Ikonik Cirahong Kembali Bisa Dilalui

jembatan-ikonik-cirahong-kembali-bisa-dilalui Jembatan Cirahong di perbatasan Tasikmalaya-Ciamis.. (pindainews/ISTIMEWA)

PINDAINEWS, Bandung -- Bagi publik wilayah Tasikmalaya-Ciamis, tentunya, sangat mengenal jembatan ikonik, Cirahong. Pasalnya, jembatan itu tidak hanya bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat, tetapi juga kereta secara sekaligus.

Namun, selama Juli 2021, jembatan itu mengalami penutupan. Itu sebagai upaya Evaluasi Uji Beban. "Pasca evaluasi, mulai Agustus, Jembatan Cirahong bisa dilalui publik, baik pejalan kaki, maupun pengendara kendaraan. Tapi, kali ini hanya bagi kendaraan roda dua," tandas Manager Hubungan Masyarakat (Humas) PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) Daerah Operasional (Daop) 2 Bandung, Kuswardojo, Jumat (30/7/2021).

Kus, sapaan akrabnya, menjelaskan, penutupan jembatan Cirahong pada Juli 2021 itu, selain Evaluasi Uji Beban, juga berkaitan dengan maintenance konstruksi jembatan (BH 1290). 

Perawatan jembatan yang pembangunannya berlangsung pada akhir abad 19, yakni 1893 itu, terangnya, sebagai upaya mengembalikan kondisi jembatan, yang memiliki panjang 202 meter dan satu-satunya bersifat double decker, agar laik sesuai fungsinya.

"Jika evaluasi tidak memungkinkan, demi keselamatan, jembatan itu tertutup bagi kendaraan roda empat atau lebih secara permanen," tutup Kus.


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar