DPRD Ingin Akselerasi Vaksinasi Covid-19 pada Pesantren

dprd-ingin-akselerasi-vaksinasi-covid-19-pada-pesantren Vaksinasin Covid-19.. (ilustrasi/net)

PINDAINEWS, Bandung -- Higga kini, berbagai upaya menanggulangi, mencegah, meminimalisir, sekaligus memutus mata rantai SARS-Covd, terus digulirkan pemerintah. Satu di antara Vaksinasi Covid-19.

Di Jabar, diwartakan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jabar menginginkan pemerintah. termasuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar untuk lebih mengakselerasi Vaksinasi Covid-19 pada pondok-pondok pesantren.

"Permohonan Vaksinasi Covid-19 yang menyasar pondok-pondok pesantren ini juga saya sampaikan kepada pemerintah pusat melalui Menteri Agama dan Menteri PolhukHAM (Politik, Hukum, dan Hak Azasi Manusia). Ini diapresiasi Gubernur Jabar dan Polda (Kepolisian Daerah) Jabar," tandas anggota Komisi I DPRD Jabar, Sidkon Djampi. 

Hingga kini, lanjutnya, persentase vaksinasi Covid-19 pada pondok-pondok pesantren relatih belum signifikan. Penyebabnya, di Jabar, terdapat banyaknya pondok pesantren, yang perkiraannya, mencapai 12 ribu pondok pesantren.

Meskipun belum signifikan, Sidkon mengapresiasi pihak-pihak yang menggulirkan Vaksinasi Covid-19 pada sejumlah pondok pesantren. Satu di antaranya, ucap Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FKB) ini, oleh Komado Distrik Militer (Kodam) III-Siliwangi dan Polda Jabar.

"Di antaranya di Garut, Sumedang. Rencananya, dua daerah lainnya, juga menggulirkan Vaksinasi Covid-19 pada sejumlah pondok pesantren. Yaitu, Cirebon," sebut Sidkon.

Dia berpendapat, Peraturan Daerah (Perda) tentang Penyelenggaraan Pesantren di Jabar juga bisa memacu tanggung jawab sekaligus hak Pemprov Jabar untuk membantu Vaksinasi Covid-19 pada pondok-pondok pesantren secara lebih masif.


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar