Soal Pilpres 2024, DPRD Jabar: KPU Daerah Harus Samakan Persepsi

soal-pilpres-2024-dprd-jabar-kpu-daerah-harus-samakan-persepsi . (net)

PINDAINEWS, Bandung -- Agenda Pemilihan Presiden (Pilpres) masih tiga tahun lagi. Akan tetapi, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jabar meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) di daerah harus menyamakan persepsinya.

"Harus ada persamaan persepsi antara legislator dan komisioner baik di daerah maupun pusat. Itu agar pelaksanaan pemilu (pemilihan umum) berjalan secara baik," tandas anggota Komisi I DPRD Jabar, Yosa Octora Santono, saat kunjungan kerja ke KPU Kabupaten Bandung, Jumat (17/9/2021), seperti diwartakan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara.

Yosa mengatakan, merujuk pada hasil pembahasan komisioner daerah, pusat dan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) tentang ajang Pilpres memang, pelaksanaannya masih relatif lama. Akan tetapi, sambung dia, persiapannya harus sejak dini.

Karena itu, tegas dia, bersama KPU kabupaten-kota, pihaknya menyamakan persepsi bagi para legislator pada level provinsi. Maksudnya, jelas dia, agar KPU Provinsi punya tujuan dan harapan yang sama dengan KPU kota-kabupaten.

"Yakni, menciptakan pemilu, pileg (pemilihan legislatif), dan pilpres yang bermartabat, aman, dan adil," cetusnya.

Rencananya, ungkap dia, dalam waktu dekat, komisioner pusat KPU dan DPR RI membahas persiapan kontestasi pesta demokrasi tersebut. Hasil pembahasannya menjadi patokan KPU provinsi dan kota-kabupaten.


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar