Akhir Pekan Ini, Pergerakan Rupiah Positif Lagi

akhir-pekan-ini-pergerakan-rupiah-positif-lagi Rupiah bergerak positif 30 poin pada akhir pekan ini.. (net)

PINDAINEWS -- Akhir pekan ini, rupiah memberikan kabar menggembirakan. Pada penutupan transaksi antar-bank, Jumat (17/9/2021) petang, rupiah bergerak positif, yakni 30 poin atau 0,21 persen.

Pergerakan positif itu mengantarkan rupiah pada level Rp 14.223 per dolar Amerika Serikat (AS). Posisi sebelumnya, yaitu Rp 14.253 per dolar AS.

Akan tetapi, pada pembukaan transaksi tadi pagi, rupiah sempat terkontraksi pada posisi Rp 14.268 per dolar AS. Pergerakan mata uang Garuda selama hari ini pada kisaran Rp 14.212-Rp 14.270 per dolar AS.

Pergerakan positif pun terjadi pada kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia (BI), yang hari ini menunjukkan, rupiah kokoh pada posisi Rp 14.233 per dolar AS. Hari sebelumnya, rupiah pada level Rp 14.238 per dolar AS.

Melansir Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Tim Riset Monex Investindo Futures dalam kajiannya melaporkan, perkasanya rupiah karena dolar AS terkontraksi pada sesi Asia.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi, menambahkan, saat ini, pasar pun fokus pada putusan Bank Snetral AS, The Federal Reserve, yang bisa mengisyaratkan kapan pengurangan aset berlangsung. 

Saat ini, sejumlah investor memprediksi pengurangan aset bergulir pada November 2021. Penyebabnya, kaa dia, wabah Covid-19 varian delta berpotensi menghambat recovery ekonomi pada triwulan III 2021.


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar