Aliran Modal Asing ke Indonesia Bernilai Miliaran Dolar AS.

aliran-modal-asing-ke-indonesia-bernilai-miliaran-dolar-as Dana masuk ke Indoensia capai miliaran dolar AS.. (Ilustrasi/net)

PINDAINEWS -- Banyak hal yang menjadi indikator bahwa Indonesia merupakan negara tujuan investasi para investor mancanegara yang seksi, termasuk dalam hal pasar modal. Terbukti, berdasarkan data Bank Indonesia, hingga 17 September 2021, aliran modal asing yang masuk ke tanah air bernilai miliaran dolar Amerika Serikat (AS).

Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara mengabarkan, BI mencatat, hingga 17 September 2021, aliran modal asing yang masuk ke Indonesia (inflow) bernominal 1,5 miliar dolar AS.

"Hal ini menjadi sebuah faktor yang menyebabkan rupiah cenderung bergerak positif dalam beberapa waktu terakhir," tandas Gubernur BI, Perry Warjiyo, dalam Konferensi Pers Pengumuman Hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI periode 20-21 September 2021,  yang berlangsung secara on-line, Selasa (21/9/2021).

Pada saat kondisi dan situasi pasar global yang kurang menentu, kata Perry, rupiah bergerak positif. Pada 20 September 2021, secara rata-rata, rupiah kokoh 0,94 persen. Sedangkan secara point-to-point, lanjutnya, rupiah bergerak positif 0,18 persen. 

Pergerakan positif rupiah, jelasnya, juga oleh adanya persepsi positif tentang prospek perekonomian domestik. Lalu, kata dia, terjaganya pasokan valas domestik termasuk upaya-upaya stabilisasi BI.

BACA JUGA : 


Suku Bunga Acuan BI Tidak Berubah, Tetap 3,5 Persen


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar