KPK Ajukan 17 Pertanyaan kepada Anies

kpk-ajukan-17-pertanyaan-kepada-anies Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan diperiksa KPK sebagai saksi.. (net)

PINDAINEWS -- Hingga kini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) intens mengungkap berbagai dugaan penyelewengan. Satu di antaranya yang saat ini cukup hot, yakni dugaan korupsi pengadaan tanah di Munjul, Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta pada 2019.

Melansir Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, dalam proses pengungkapan ini, KPK memeriksa sejumlah saksi dan sosok. Satu di antaranya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Pada Selasa (21/9/2021), Anies memenuhi pemanggilan KPK unutk menjalani pemeriksaan.

Status Anies dalam pemeriksaan itu sebagai saksi untuk tersangka,  yakni mantan Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pembangunan Sarana Jaya Yoory Corneles Pinontoan (YRC) dan kawan-kawan.

Dalam pemeriksaan itu, Anies mengaku bahwa KPK mengajukan 17 pertanyaan.  "Ada delapan pertanyaan yang berterkaitan dengan program pengadaan rumah di Jakarta. Pertanyaan itu tentang dasar program dan seputar peraturan-peraturan yang ada di Jakarta," tandas Anies.

Kemudian, ungkap Anies, KPK mengajukan sembilan pertanyaan yang sifatnya biografi formal, seperti tanggal lahir dan lain-lain. 

Anies mengatakan, pihaknya menjawab seluruh pertanyaan dan menjelaskannya secara tuntas sejak pukul 12.30 WIB. Akan tetapi, lanjut dia, KPK me-review pertanyaan untuk memastikan bahwa keterangannya yang tercatat itu tidak berbeda. Jadi, kata Anies, pemeriksaan tuntas sekitas pukul 15.00 WIB. "Setelah itu, selesai," sahutnya.

Anies berharap penjelasannya itu bermanfaat bagi KPK untuk menegakkan hukum, menghadirkan keadilan, dan memberantas korupsi. 


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar