Kabar Gembira, Anak Belum Berusia 12 Tahun Boleh Masuk Mal

kabar-gembira-anak-belum-beusia-12-tahun-boleh-masuk-mal Anak-anak yang belum berusia 12 tahun boleh masuk mal.. (Ilustrasi/net)

PINDAINEWS -- Seiring dengan tidak adanya daerah-daerah di Jawa-Bali yang berstatus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, berlaku beragam relaksasi, termasuk bagi pengunjung mal, pusat pertokoan, dan sebagainya.

Melansir Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Satuan  Gugus Tugas Penanganan Covid-19 mulai mengizinkan kalangan yang belum berusia 12 tahun untuk memasuki pusat perbelanjaan atau mal di beberapa wilayah. Di antaranya, Bandung.

"Wilayahnya yakni DKI (Daerah Khusus Ibu Kota) Jakarta, Bandung, Semarang, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Surabaya," tandas Ketua Pakar Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito, saat menyampaikan perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia melalui YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Selasa (21/9/2021).

Namun, lanjutnya, khusus kalangan yang belum berusia 12 tahun, ada regulasi yang mewajibkan pendampingan orang tua saat beraktivitas di dalam pusat perbelanjaan.

Wiku menegaskan, regulasi berdasarkan pembaruan PPKM Nasional yang berlaku 21 September-4 Oktober 2021. Dia menyatakan, Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) 43/2021 tentang Pengaturan Aktivitas Level 4, 3 dan 2 di wilayah Jawa-Bali juga mengatur pembukaan bioskop.

Khusus bioskop, jelasnya, jumlah pengunjungnya yakni maksimum 50 persen kepasitas. Syarat lainnya bagi pengunjung bioskop, yakni berkatagori hijau dan kuning pada daerah level 4 dan 3,  serta pengunjung kategori hijau pada aplikasi PeduliLindungi,id di daerah berstatus PPKM Level 2.

Wiku mengatakan operasional hotel non-karantina juga bisa beroperasi. Jumlah pengunjungnya, terang dia, maksimal 50 persen, Syarat pengunjung, berkatagori hijau dan kuning berdasarkan skrining PeduliLindungi.id "Bagi kalangan yang belum berusia 12 tahun wajib menunjukkan hasil negatif Covid-19," katanya.


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar