Kota Bandung Mulai Gunakan Vaksin Moderna

kota-bandung-mulai-gunakan-vaksin-moderna Vaksin Covid-19.. (Ilustrasi/net)

PINDAINEWS, Bandung - Agenda Vaksinasi Covid-19 terus digulirkan pemerintah, termasuk Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. Dalam agenda ini, terdapat beberapa jenis vaksin. Selain Sinovac, juga ada Moderna.

Masyarakat jangan khawatir karena Moderna pun punya efektivitas yang sangat baik untuk mencegah penyebaran Covid-19, termasuk varian Alpha dan Beta. Karenanya, kini, Moderna, mulai digunakan Pemkot Bandung dalam program Vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat umum.

Sebelumnya, di Kota Bandung, Pemkot Bandung menggunakan moderna pada Vaksinasi Covid-19 bagi 21.712 orang tenaga kesehatan (nakes).

"Saat ini, beberapa rumah sakit menyediakan moderna. Antara lain RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Kota Bandung, RSKIA (Rumah Sakit Khusus Ibu-Anak), RS Al-Islam dan RSHS (Rumah Sakit Umum Pusat) Hasan Sadikin. Rata-rata, setiap RS, memperoleh alokasi Moderna sebanyak 1.000 dosis," tandas Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, Senin (4/10/2021).

Mantan Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Real Estat Indoensia (REI) Jabar ini, rumah sakit menjadi lokasi Vaksinasi Covid-19 yang tepat dalam penggunaan Moderna. Alasannya, kata Yana, RS bisa menjelaskan manfaat Moderna secara lebih terperinci dan tepat.

"Jika Sinovac atau Sinopham cenderung tidak ada efek setelah vaksin. Kalau Moderna, itu virus Covid-19 yang dilemahkan, lebih cepat bereaksi. Itu yang penyampaian penjelasannya harus terperinci dan hati-hati," katanya.

Soal target Vaksinasi Covdi-19, penyandang sabuk hitam Taekwondo DAN III Kukkiwon ini menuturkan, akselerasinya dididukung kolaborasi seluruh elemen masyarakat. Jadi, tegas dia, pecapaiannya sangat positif.

Hingga akhir September 2021, sebut Yana, persentase Vaksinasi Covid-19 dosis I melampaui 85 persen. Sedangkan Vaksinasi Covid-19 dosis II, sambungnya, melebihi 57 persen.

Direktur Utama RSUD Kota Bandung, Mulyadi, mengemukakan, antusiasme masyarakat mengikuti Vaksinasi Covid-19 sangat positif. Akan tetapi, soal Moderna ini, kata dia, fokus utamanya adalah masyarakat yang belum menjalani Vaksinasi Covid-19.


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar