Alhamduillah, Seluruh Atlet Jabar Bebas Covid-19 dan Malaria

alhamduillah-seluruh-atlet-jabar-bebas-covid-19-dan-malaria . (Ilustrasi/net)

PINDAINEWS -- Perhelatan Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX Papua dikejutkan oleh terpaparnya 321 orang, yang terdiri atas atlet, ofisial, dan panitia, oleh Covid-19 dan malaria. Adanya hal itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar bergerak cepat melakukan penelusuran.

Bagaimana hasilnya?

Melansir sejumlah sumber, publik Jabar patut bernafas lega karena di antara ke-32 orang yang terkontaminasi Covid-19 dan malaria, tidak ada satu pun asal Jabar.

"Data yang kami miliki menunjukkan, tidak ada data tentang atlet atau ofisial asal Jabar yang terpapar Covid-19 dan malaria. Ke-32 orang tersebut asal beberapa daerah. Antara lain, Jayapura, Timika, dan lainnya," tandas Ketua Harian Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jabar, Dewi Sartika, Rabu (6/10/2021).

Pihaknya, tegas dia, memastikan bahwa tidak adanya kontingen Jabar yang terpapar Covid-19 dan malaria usai berkoordinasi dengan Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Papua. "Pastinya, kami terus memantau perkembangan situasi ini," tegasnya.

Meski tidak ada anggota kontingen Jabar yang terpapar Covid-19 dan malaria, Dewi menyatakan, tetap perlu ada upaya antisipatif. Tidak hanya tracing (pelacakan), tetapi juga pengetesan pada sejumlah venue.

Selain itu, sahut dia, seluruh kontingen Jabar wajib menjalani Real Time-Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) sebelum kembali ke bumi Pasundan.
Tentu saja, lanjutnya, apabila terdapat kontingen yang positif Covid-19, pihaknya punya antisipasi. Bagi yang tidak bergejala, pihaknya menyiapkan fasilitas karantina pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM). 

BACA JUGA : 

Isu Covid-19, Pemprov Tracing Para Atlet Jabar


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar