Awas, Ini Situs Abal-abal: Pedulilindungiq.com

awas-ini-situs-abal-abal-pedulilindungiqcom PeduliLindungi.id situs resmi pemerintah.. (net)

PINDAINEWS -- Guna memudahkan pendataan dan pendeteksian masyarakat, baik tentang informasi Vaksinasi Covid-19 maupun yang berkaitan dengan penyebaran Covid-19, pemerintah menghadirkan aplikasi PeduliLindungi.id.

Namun, ternyata, masih ada saja pihak-pihak yang mencoba memanfaatkan kekurangpahaman masyarakat tentang aplikasi itu. Caranya, mengoperasikan situs abal-abal.

Mengutip sejumlah sumber, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) meminta seluruh masyarakat untuk mewaspadai adanya situs abal-abal yang namanya mirip dengan PeduliLindungi.id. Yakni pedulilindungiq.com.

Sebelumnya, juga ada situs abal-abal yang mirip PeduliLindungi.id. Yaitu, pedulilindungia.com.

"Itu (pedulilindungiq.com) situs abal-abal. Situs palsu. Itu bukan situs pemerintah untuk menangani Covid-19," tegas Juru Bicara Kemenkominfo, Dedy Permadi.

Dedy menyatakan, seluruh konten dan informasi pedulilindungiq.com bekaitan dengan Pedulilindungi.id.

Dedy menyatakan, dalam situs abal-abal itu, masyarakat yang hendak menjalanni Vaksinasi Covid-19 wajib menyetorkan dana Rp 1.000.000. Padahal, tegasnya, tidak ada pemungutan apa pun, baik dalam program Vaksinasi Covid-19, maupun hal-hal lainnya.

Uniknya, sambung Dedy, situs abal-abal itu pun memiliki logo, gambar, dan tema yang sama dengan PeduliLindungi.id. Kuat dugaan, hal itu untuk mengecoh dan memperdaya masyarakat.

"Jika menemukan situs atau aplikasi tidak resmi PeduliLindungi lainnya, segera laporkan pada aduankonten.id atau kanal resmi lainnya.


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar