Musim Hujan Tiba, Waspadai Demam Berdarah!

musim-hujan-tiba-waspadai-demam-berdarah Waspadai terjadinya demam berdarah.. (Ilustrasi/net)

PINDAINEWS, Bandung -- Seiring dengan tibanya musim hujan, seluruh masyarakat wajib berhati-hati dan waspada. Kehati-hatian dan kewaspadaan itu tidak hanya soal terjadinya hujan deras yang disertai angin kencang dan petir, tetapi juga efek lainnya, yaitu, Demam Berdarah Dengue (DBD).

Umumnya, wabah DBD terjadi karena gigitan nyamuk aedes aegypty. Nyamuk bercorak hitam-totol putih ini, biasanya terjadi dan berkembang saat musim hujan. Melihat kondisi itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mewanti-wanti seluruh warganya agar berhati-hati.

Mengutip sejumlah sumber, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Ahyani Raksanagara, mengutarakan, pada musim hujan, satu hal yang patut diwaspadai masyarakat adalah adanya genangan.

"Itu (genangan) bisa menjadi sarana atau tempat berkembangnya nyamuk DBD. Jadi, masyarakat harus waspada," tandas Ahyani.

Dia menyatakan, pola penularan DBD sangat cepat. Indikatornya, ungkap dia, hampir setiap hari, pihaknya menerima informasi tentang adanya kasus DBD di Kota Kembang.


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar