Ternyata, Ini Jurus Jabar Jadi Jawara PON

ternyata-ini-jurus-jabar-jadi-jawara-pon Sport science, kunci Jabar jadi jawara PON XX Papua.. (Twitter)

PINDAINEWS -- Menjadi yang terbaik dalam sebuah multi event olah raga, seperti Pekan Olah Raga Nasional (PON), bukan pekerjaan mudah. Karenanya, agar statusnya sebagai juara PON 2016 tetap diraih Jabar, tentunya, kontingen tatar Pasundan memiliki beragam kiat.

Namun, di antara beragam jurus dan kiat itu, ada satu skenario luar biasa yang diterapkan Jabar yang menjadi jawara PON XX Papua. Apakah itu?

Mengutip sejumlah sumber, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, menyatakan, sport science menjadi sebuah skenario kontingen Jabar pada PON XX Papua.

"Sport science sebuah kombinasi antara ilmu olahraga, fisik, dan prestasi. Itu menjadi kunci Jabar pada PON XX Papua," tandas Emil, sapaan akrabnya.

Sport Science, lanjutnya, tidak hanya berkenaan dengan fasilitas. Ini, jelasnya, merupakan sebuah pola yang bisa membuat seorang atlet meraih prestasi luar biasa. Misalnya, bagaimana penerapan teknik-teknik saat bertanding pada dataran tinggi atau beroksigen tipis.

Caranya, jelas dia, menggembleng para atlet pada dataran tinggi. Tujuannya, untuk beradaptasi dengan kondisi lokasi pertandingan.

Sport Science pun, lanjutnya, melibatkan sejumlah pakar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Tidak hanya kesehatan, tetapi juga olah raga, ahli gizi, dan biologi.

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar