Ridwan Kamil: Pancasila Jadi Basis Program Keumatan

ridwan-kamil-pancasila-jadi-basis-program-keumatan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil.. (net)

PINDAINEWS -- Agar bisa terus berkembang secara damai, aman, dan roda pemerintahannya lancar, tentunya, sebuah negara memiliki dasar dan falsafah bernegara. Begitu juga dengan Indonesia.

Sejak merdeka, negeri ini memiliki dasar negara yang mengatur nilai-nilai norma berkehidupan serta sebagai alat pemersatu, yaitu Pancasila. Karenanya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar.menjadikan Pancasila sebagai basis untuk mengaplikasikan program keumatan.

"Strategi kami dalam menjalankan pemerintahan yakni menjadikan Pancasila sebagai dasar pembangunan program keumatan," tandas Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, dalam Musyawarah Nasional Alim Ulama Partai Persatuan Pembangunan (PPP), seperti kutipan sejumlah sumber.

Emil, sapaan akrabnya, berpendapat, program keumatan sangat berkaitan erat dengan Pancasila. Melalui Pancasila, jelasnya, pihaknya turut menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam level provinsi.

Ada beberapa program, ujar dia, yang dikembangkan Pemprov Jabar berkiatan dengan keumatan. Antara lain, sebutnya, Satu Desa Satu Hafidz (Sadesa).

Kemudian, lanjutnya, One Pesantren One Product (OPOP).
"Termasuk agenda Kredit Mesra (Masyarakat Ekonomi Sejahtera), juga English for Ulama," ujarnya.

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar