Kembangkan EV, Ford Lakukan Langkah Besar

kembangkan-ev-ford-lakukan-langkah-besar . (Ilustrasi/net)

PINDAINEWS -- Dalam beberapa tahun terakhir, terjadi perubahan dan pergeseran paradigma dunia otomotif. Banyak industri otomotif yang mulai menyubstitusi produknya, yang semula kendaraan konvensional, yaitu mengandalkan Bahan Bakar Minyak (BBM), kini, menjadi Electric Vehicle (EV) alias kendaraan elektrik.

Tidak heran, industri-industri otomotif beramai-ramai memproduksi beragam varian EV, baik Multi Purpose Vehicle (MPV), Sport Utiliy Vehicle (SUV), sedan, kendaraan niaga, seperti truk, bahkan sport car serta super-car.
Tentunya, hal itu menjadi sebuah sinyal bahwa pasar EV punya potensi besar untuk terus berkembang. Dasar itu yang membuat industri otomotif raksasa asal Amerika Serikat (AS), Ford Motor Company, melakukan sebuah langkah besar untuk mengembangkan EV.

Mengutip sejumlah sumber, informasinya, demi pengembangan EV, Ford Motor Company berinvestasi besar pada manufakturnya di Inggris. Tidak tanggung-tanggung, nilai investasinya yakni 315 juta dolar AS atau sekitar Rp 4,4 triliun.

Investasi itu pada manufaktur di wilayah Meyserside itu sebagai penopang proses produksi EV. Rencananya, pada 2024, manufaktur itu membangun power train EV. Proyeksinya, setiap tahun, manufaktur itu memproduksi 250 ribu unit powertrain.

Pada sisi lain, Ford Motor Company menyatakan, pada 2030, keseluruhan varian passenger car berskema EV. Pada 2030 pun sekitar 60 persen commercial car produk Ford Motor Company berupa kendaraan elektrik.

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar