Indonesia Butuh Ratusan Ribu SDM Digital

indonesia-butuh-ratusan-ribu-sdm-digital Indonesia butuh ratusan ribu SDM digital setiap tahunnya.. (Ilustrasi/net)

PINDAINEWS -- Dalam beberapa tahun terakhir, tekonlogi digital terus menunjukkan perkembangannya. Hal itu pun merambah pada sektor ekonomi.

Akan tetapi, tentunya, agar ekonomi digital terus bergerak positif, butuh kehadiran sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni. Karenanya, Indonesia memerlukan kehadiran SDM teknologi digital yang sangat banyak.

Bambang Brodjonegoro, Komisaris Bukalapak, berpendapat, setiap tahunnya, Indonesia memerlukan sekitar 600 ribu orang SDM ekonommi digital. Prediksinya, ujar dia, secara keseluruhan, pada 2030, ekonomi digital memerlukan sekitar 17 juta SDM.

Dia berpendapat, perlu berbagai upaya dan cara agar kebutuhan SDM ekonomi digital terpenuhi. Penyebab masih belum terpenuhinya kebutuhan SDM ekonomi digital yakni kurikulum yang tidak mutakhir.

Lalu, sambungnya, tidak sedikit lulusan Teknologi Informatika (TI) yang akhirnya bekerja bukan pada bidangnya. Termasuk, kata dia, masih ada disparitas antara pendidikan dan industri.

Sebenarnya, kata dia, ada beberapa cara agar kebutuhan sebanyak 600 ribu SDM ekonomi digital terpenuhi. Di antaranya, bersinergi dengan perusahaan digital dan juga perusahaan rintisan.

Berkenaan dengan ekonomi digital, Bambang berpandangan, terdapat beberapa jenis pekerjaan yang diminati. Yaitu, sebutnya, back end developer, front end developer, android developer, full stack developer, dan data scientist.

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar