PT KAI-DLHK Garut Kolaborasi Antisipasi Banjir

pt-kai-dlhk-garut-kolaborasi-antisipasi-banjir PT KAI Daop 2 Bandung bersinergi dengan DLHK Garut antisipasi banjir.. (pindainews/ISTIMEWA)

PINDAINEWS -- Banyak daerah di Jabar yang termasuk rawan bencana hidrometeorologi, seperti banjir. Tentu saja, banyak efek negatif apabila terjadi banjir. Di antaranya, berpengaruh pada keamanan, keselamatan, dan kelancaran perjalanan kereta.

Karena itu, sebagai upaya antisipasi dan meminimalisir terjadinya  banjir, PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) terus melakukan upaya-upaya dan kerja keras. Terkini, PT KAI (Persero) Daerah Operasional (Daop) 2 Bandung bersinergi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Garut.

"Benar, kami terus melakukan berbagai upaya antisipasi guna meminimalisir gangguan perjalanan  kereta," tandas Manager Hubungan Masyarakat PT KAI (Persero) Daop 2 Bandung, Kuswardojo, Kamis (25/11/2021).

Kus, sapaan akrabnya, mengemukakan, selain menebang dahan pohon yang rawan tumbang pada jalur kereta dan mengganggu jarak pandang masinis, pihaknya pun memperbaiki drainase.

Bersama DLHK Kabupaten Garut, sambung mantan Manager Humas PT KAI (Persero) Daop 3 Cirebon ini, pihaknya menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat tentang pelarangan sekaligus bahayanya membuang sampah pada jalur kereta. jalur kereta.

"Tidak hanya sosialisasi dan edukasi, kami pun turut aktif membersihkan jalur kereta  di wilayah Kabupaten Garut yang dipenuhi sampah," sambungnya.

Ini, lanjutnya, menjadi salah satu cara jajarannya mengantisipasi banjir yang menggenangi lintasan kereta karena tersumbatnya drainase akibat sampah yang terbawa arus.

Selain menyumbat drainase, lanjutnya, sampah-sampah itu pun menyebabkan terjadinya korosi pada fasilitas kereta. Tentu saja, sahut dia, hal itu berpengaruh pada perjalanan KA.

Kus menegaskan, aktivitas sosialisasi tentang pelarangan sampah pada jalur kereta terus pihaknya gulirkan secara konsisten, tidak hanya wilayah Kabupaten Garut, tetapi daerah-daerah lainnya yang termasuk wilayah kerja PT KAI (Persero) Daop 2 Bandung.

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar