Kini, Warga Indonesia Bisa Langsung Bertolak ke Arab Saudi

kini-warga-indonesia-bisa-langsung-bertolak-ke-arab-saudi Jalur direct flight Indonesia-Arab Saudi terbuka lagi.. (Ilustrasi/net)

PINDAINEWS -- Sebuah kabar gembira bagi seluruh publik Indonesia yang hendak bertolak ke Arab Saudi. Selama beberapa waktu, utamanya, ketika wabah Covid-19 terjadi, Kerajaan Arab Saudi menutup seluruh jalur penerbangan direct dari Indonesia.

Akan tetapi, mengutip sejumlah sumber, setelah melalui berbagai proses, akhirnya, Kerajaan Arab Saudi membuka lagi direct flight Indonesia-Arab Saudi. pejabat Kementerian Agama RI.

Kementerian Agama menyatakan, berdasarkan Surat Edaran General Authority of Civil Aviation (GACA) atau otoritas penerbangan Kerjaan Arab Saudi, tertanggal 25 November 2021, direct flight dari Indonesia bisa bergulir mulai 1 Desember 2021. Izin itu pun berlaku bagi penerbangan umrah.

Meski demikian, Kementerian Agama menyatakan, adanya izin penerbangan langsung Indonesia-Arab Saudi tidak serta-merta membuat penerbangan bagi jamaah umrah bisa bergulir pada 1 Desember 2021.

Itu karena ada beberapa hal dan proses lainnya. Misalnya, mendata jamaah, pendataan jamaah. Kemudian, paket pelayanan, visa, dan sejenisnya.

Rencananya, bersama tim Konusl Haji Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah, Kementerian Agama bertemu dan berdiskusi dengan pemerintah Arab Saudi tentang pelaksanaan umrah.

Kementerian Agama menyiapkan beberapa skenario berkenaan dengan penyelenggaraan umrah. Di antaranya, penerapan pola one gate policy, karantina, sertifikasi vaksin, hasil Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR), serta manasik umrah pada masa pandemi.

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar