Ratusan Rumah di Kabupaten Garut Rusak Diterjang Banjir Bandang

ratusan-rumah-di-kabupaten-garut-rusak-diterjang-banjir-bandang Banjir bandang yang melanda Cisarua beberapa waktu lalu.. (net)

PINDAINEWS, Garut -- Tidak kuatnya sebuah sungai menampung aliran air setelah hujan karena tingkat resapannya menjadi tidak optimal akibat berbagai ulah manusia, seperti alih fungsi lahan, dan sebagainya, tentunya, berakibat fatal. Di antaranya, banjir bandang.

Buktinya, pada Sabtu (27/11/2021) petang, dua kecamatan di Kabupaten Garut, yaitu Karangtengah dan Sukawening, diterjang banjir bandang. Informasinya, banjir bandang itu merusakkan ratusan rumah yang berada di dua kecamatan itu.

Data menunjukkan, di Kecamatan Karangtengah, banjir bandang menyebabkan sekitar 190 unit rumah rusak. Sedangkan di Kecamatan Sukawening, jumlah rumah yang rusak akibat terjangan banjir bandang sekitar 112 unit.

Mengutp sejumlah sumber, Helmi Budiman, Wakil Bupati Garut, mengatakan, pihaknya masih bersyukur bahwa banjir bandang itu tidak menimbulkan korban jiwa.

Pihaknya, tegas dia, segera melakukan pertemuan. Bahkan, sahutnya, jajarannya siap bertindak tegas kepada siapa pun yang memicu banjir bandang terjadi.

Namun, pada tahap perdana, ujarnya, pihaknya melakukan upaya-upaya penanggulangan. Berkaitan dengan penanggulangan, Helmi menyatakan, pihaknya pun ingin memastikan bahwa tidak adanya fasilitas infrastruktur yang terdampak oleh banjir bandang itu.

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar