Ruang Publik Terbaru Hadir di Kota Bandung: Youth Space

ruang-publik-terbaru-hadir-di-kota-bandung-youth-space Youth Space kelima hadir di Gasmin Antapani Bandung.. (Trie Widiyantie/PindaiNews)

PINDAINEWS, Bandung - Kini, Kota Bandung memiliki ruang publik yang lebih banyak. Pasalnya, lokasi kelima ruang publik hadir di Kota Kembang. Konsepnya, Youth Space. Lokasinya, Gasibu Mini (Gasmin) Antapani Bandung.

Kehadirannya merupakan pemenuhan janji pasangan mendiang Oded M Danial dan Yana Mulyana. Namun, janji politik tersebut sedikit perubahan dengan rencana awalnya.

Awalnya, dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kotta Bandung, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyusun Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Bandung 2018-2023.

Hasilnya, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Pemkot Bandung menghadirkan tempat khusus berkegiatan bagi para pemuda youth space yang berada di seluruh kelurahan Kota Bandung. Realisasinya pada 2019.

Namun, dalam perkembangannya, Pemkot Bandung mengubah rencana itu. Semula, Youth Space hadir ratusan titik. Kini, hingga 2023, Pemkot Bandung mencanangkan kehadiran Youth Space di 30 lokasi. Namun, selama 2021, Pemkot Bandung baru meresmikan empat Youth Space.

Youth Space adalah satu di antara janji mendiang Mang Oded dan saya. Saya harap, para pemuda Kota Bandung tetap kreatif, berinovasi dan menghasilkan b eragam gagasan,” tandas Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, pada peresmian Youth Space kelima di Gasmin Antapani Bandung, Rabu (12/1/2022).

Yana menambahkan, para pemuda Kota Bandung tidak bisa bergerak secara mandiri untuk menghasilkan beragam gagasan terbaik. Jadi, tegas dia, perlu kolaborasi apik semua pihak.

Satu di antaranya, jelas penyandang black belt Taekwondo DAN III Kukkiwon ini, melalui beragam program yang teraktivasi melalui Youth Space.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung, Edy Marwoto, menambahkan, secara total, Kota Bandung memiliki 11 Youth Space yang tersebar di tujuh kecamatan.

“Lima di antaranya resmi beroperasi. Yakni Antapani, Kiaracondong, Gedebage, Ujungberung, Mandalajati, Coblong, dan Andir,” sebutnya.
Tahun ini, beber dia, Pemkot Bandung mengaktivasi 10 Youth Space yang berada di 10 kecamatan. Ada beberapa, lanjutnya, yang segera pihaknya resmikan. 

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar