Jurus Jabar Stabilkan Harga Migor: Operasi Pasar

jurus-jabar-stabilitasi-harga-migor-operasi-pasar Minyak goreng curah.. (Ilustrasi/net)

PINDAINEWS, Bandung - Sebagai upaya mengendalikan  harga jual minyak goreng (migor), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar memiliki jurus. Melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Indag) Jabar, Pemprov Jabar menggulirkan Operasi Pasar (OP) murah pada periode 10-14 Januari 2022.

Ada 11 kota-kabupaten di Jabar yang melansgungkan OP migor. Satu di antaranya, Kota Bandung. Di Kota Kembang, OP bergulir di Taman Dewi Sartika, Jalan Wastukancana Kota Bandung.

"Dalam OP kali ini, kami menyiapkan sekitar 240 ribu liter migor. Setiap kota-kabupaten yang menyelenggarakan OP migor, alokasinya yakni 7.200 liter.  Harga jualnya Rp 14 ribu per liter. Pemeblian maksimal yaitu 2 liter," tandas Gubernur Jabar, RIdwan Kamil, Kamis (13/1/2022).

Emil, sapaan akrabnya, mengatakan, gelaran OP kali ini terjadi perubahan mekanisme. Misalnya, jelas dia, OP berlangsung terpusat pada sebuah lokasi. Ada juga, lanjutnya, yang melalui desa-kelurahan, kecamatan.
OP migor kali ini pun, ujarnya, memang tidak berlangsung pada pasar-pasar tradisional atau pusat perbelanjaan. Hal itu, jelas dia, sebagai upaya jajarannya agar tidak terjadi kerumunan.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah, menambahkan, Kota Bandung khusus menerapkan pola pendisitribusian. Pelaksanaan pola itu, jelasnya, yakni, melalui kerja sama dengan unsur kewilayahan.

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar