Soal Kepariwisataan, DPRD Jabar Berkomentar Ini

soal-kepariwisataan-dprd-jabar-berkomentar-ini Pangandaran, salah satu destinasi wisata andalan Jabar.. (net)

PINDAINEWS -- Selama ini, terdapat beberapa sektor perekonomian yang menjadi andalan Jabar. Satu di antaranya, kepariwisataan.

Agar kepariwisataan di tatar Pasundan lebih berkembang dan berdaya saing, tentunya, perlu diserta sejumlah regulasi, semisal peraturan daerah (perda).

Karena itu, para pelaku usaha pun wajib mematuhi dan menegakan setiap regulasi yang berkaitan dengan pengembangan sektor kepariwisataan, termasuk perda.

Mengutip dprd.jabarprov.go.id, R Yunandar Rukhiadi Eka Prawira, Sekretaris Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jabar, berpendapat, selain mematuhi dan menegakan regulasi, termasuk perda, para pelaku kepariwisataan di Jabar pun wajib membina Sumber Daya Manusia (SDM).

Jika kepatuhan terhadap regulasi, termasuk perda kepariwisataan plus pembinaan dan pembentukan SDM andal, tentunya, hal itu menjadi benefit luar biasa.

Hal lainnya, ujar dia, dalam kepariwisataan, Jabar wajib punya ikon. Itu karena, jelas dia, hingga kini, belum ada hal yang mengindikasikan atau menjadi khas Jabar pariwisata.

Soal perda, Yunandar berpandangan, regulasinya bukan hanya soal faktor-faktor kepariwisataan, melainkan juga mencakup ekonomi secara keseluruhan.perekonomian secara luas.

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar