Penerapan PPKM Lebih Lama. Berlaku Serentak

penerapan-ppkm-lebih-lama-berlaku-serentak . (Ilustrasi/net)

PINDAINEWS -- Meski kasus aktif Covid-19 menunjukkan trend berkurang, pemerintah tetap melakukan upaya-upaya pencegahan penyebaran virus mematikan itu. Satu caranya, tetap menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 23 Mei 2022.

Laman Setkab.go.id  mengabarkan, berkaitan dengan penerapan PPKM itu, terbit Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) yang ditandatangani Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, 9 Mei 2022.

Safrizal ZA, Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, dalam pernyataan resminya pada laman Kemendagri, mengemukakan, penerapan PPKM hingga 23 Mei 2022 berlangsung dan berlaku serentak di seluruh wilayah.

Dalam PPKM kali ini, jelasnya, terdapat sejumlah penyesuaian regulasi. antara lain, perubahan jumlah daerah pada setiap level PPKM, yakni berkurangnya jumlah daerah pada Level 1 dan Level 3.

Lalu, kata dia, perubahan jam operasional tempat kuliner khusus yang beroperasi pada waktu malam. Kemudian, sambungnya, menghapus persyarat hasil tes Real Time-Polymerase Chain Reaction (PCR) dan Rapid Test Antigen dalam berbagai aktivitas di Jawa-Bali.

Pada PPKM kali ini, ungkap dia, di Jawa-Bali, jumlah daerah berstatus PPKM Level I berkurang menjadi 11 daerah. Sebelumnya, jumlahnya 29 daerah.

Daerah yang berstatus PPKM Level 3, lanjut dia, juga berkurang menjadi satu daerah. Namun, daerah berstatus PPKM Level 2 bertambah, yakni yang semula 97 daerah menjadi 116 daerah.

PPKM kali ini khusus luar Jawa-Bali, ujarnya, daerah berstatus Level 1 berkurang menjadi 88 daerah. Begtiu pula dengan daerah berstatus PPKM Level 2, berkurang menjadi 22 daerah.

Aka tetapi, daerah yang berstatus PPKM Level 2, bertambah menjadi 276 daerah. Sebelumnya, di luar Jawa-Bali, daerah yang berstatus PPKM Level 2 sebanyak 216 daerah.

Ini menunjukkan, tutupnya, bahwa pandemi Covid-19 masih terjadi dan belum usai.

Berikut Regulasi Baru PPKM Jawa-Bali
- Penyesuaian jam operasional restoran-rumah makan yang beroperasi pada waktu malam, maksimal pukul 02.00 WIB.
- Bagi yang berstatus PPKM Level 1, jumlah pengunjung, baik restoran, resepsi pernikahan, dan lainnya, maksimal 100 persen kapasitas. Bagi untuk daerah berstatus PPKM Level 2, jumlah pengunjung maksimal 75 persen kapasitas.
- Bagi daerah berstatus PPKM Level 1, aktivitas resepsi tidak boleh santap di tempat.
- Tidak ada syarat berupa hasil negatif, baik RT-PCR maupun Rapid Test Antigen, dalam beberapa kegiatan. Misalnya, kompetisi olahraga, baik bagi pemain, ofisial, kru media, staf pendukung, dan penonton. Tapi, seluruhnya wajib menjalani Vaksinasi Covid-19, minimal dosis II.

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar