Naik Kereta Tetap Wajib Bermasker. Ini Persyaratan Terbaru

naik-kereta-tetap-wajib-bermasker-ini-persyaratan-terbaru Calon penumpang kereta membeli tiket.. (pindainews/ISTIMEWA)

PINDAINEWS, Bandung -- Seiring dengan kian berkurangnya wabah Covid-19, pemerintah pun menerbitkan sejumlah relaksasi. Di antaranya, tidak lagi mewajibkan seluruh masyarakat mengenakan masker pada saat beraktivitas.

Meski demikian, sebagai upaya untuk terus meminimalisir penyebaran Covid-19, PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) mewajibkan seluruh calon penumpangnya agar tetap bermasker dalam perjalanan.

"Benar. Kami tetap mewajibkan para penumpang untuk mengenakan masker dalam perjalanan. Ini mengacu pada SE (Surat Edara) Kementerian Perhubungan (Kemenhiub) 57/2022.," tandas Donda Naibaho, Assistant Manager Hubungan Masyarakat (Humas) PT KAI (Persero) Daerah Operasional (Daop) 2 Bandung, Kamis (19/5/2022).

Wanita berambut pendek ini melanjutkan, kewajiban memakai masker bagi para penumpang itu, lanjutnya, tidak hanya berlaku saat dalam perjalanan, tetapi juga ketika berada di area stasiun.

Donda menegaskan, pihaknya tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Termasuk, ujarnya, memberlakukan persyaratan perjalanan yang ditetapkan pemerintah.

Pihaknya, tegas dia, berkomitmen mendukung seluruh kebijakan dan putusan pemerintah, termasuk berkaitand dengan persyaratan perjalanan menggunakan kereta.

Sebagai bukti pro-aktif meningkatkan pelayanan, katanya, pihaknya memberikan healthy kit kepada para penumpang kereta jarak jauh secara gratis. Isinya, ucap dia, masker dan tisu basah

Pada sisi lain, Donda menambahkan, untuk memperlancar proses pemeriksaan, pihaknya pun mengintegrasikan ticketing system dengan aplikasi PeduliLindungi.id sebagai cara validasi data vaksinasi dan hasil tes Covid-19 para calon penumpang.

Tidak hanya konsisten menerapkan protokol kesehatan, Donda menegaskan, pihaknya pun tetap mewajibkan seluruh calon penumpang dalam kondisi sehat. Yakni, jelasnya, tidak flu, pilek, batuk, hilang daya penciuman, diare, dan demam. Suhu tubuh pun, ucap dia, tidak melebihi 37,3 derajat celsius.

Lalu, seperti apa persyaratan perjalanan kereta yang terbaru? Berikut Persyaratan Perjalanan Kereta Terbaru

Syarat Perjalanan Kereta Jarak Jauh
a) Penumpang yang sudah menjalani Vaksinasi Covid-19 dosis kedua dan bosster tidak wajib menunjukkan hasil negatif Covid-19.

b) Para penumpang yang baru menjalani Vaksinasi Covid-19 dosis I, wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen yang berlaku 1 x 24 jam sebelum keberangkatan atau hasil tes RT-PCR yang berlaku 3 x 24 jam sebelum keberangkatan

c) Para penumpang yang tidak/belum menjalani Vaksin Covid-19 karena faktor medis, tetap wajib menunjukkan keterangan dokter rumah sakit pemerintah plus hasil negatif Rapid Tes Antigen yang berlaku 1 x 24 jam sebelum keberangkatan atau hasil tes RT-PCR yang berlaku 3 x 24 jam sebelum keberangkatan.

d) Para penumpang yang belum berusia 6 tahun tidak wajib Vaksinasi Covid-19 dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR. Akan tetapi, kalangan ini wajib didampingi kerabat atau orang tuanya yang memenuhi persyaratan perjalanan

Syarat Perjalanan Kereta Lokal dan Aglomerasi
a) Para penumpang menjalani Vaksinasi Covid-19 minimal dosis I

b) Para penumpang tidak wajib menunjukkan keterangan egatif Rapid Test Antigen atau RT-PCR

c) Para penumpang yang tidak/belum menjalani Vaksin Covid-19 karena faktor medis, tetap wajib menunjukkan keterangan dokter rumah sakit pemerintah

d) Para penumpang yang belum berusia 6 tahun tidak wajib Vaksinasi Covid-19 dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR. Akan tetapi, kalangan ini wajib didampingi kerabat atau orang tuanya yang memenuhi persyaratan perjalanan

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar