Kuota Jamaah Haji KBB Berkurang Drastis

kuota-jamaah-haji-kbb-berkurang-drastis . (Ilustrasi/net)

PINDAINEWS -- Terbitnya pembatasan kuota jamaah haji 2022 yang lebih sedikit daripada tahun-tahun sebelum wabah Covid-19 mengacu pada regulasi Pemerintah Arab Saudi.

Adanya pembatasan kuota haji 2022, jumlah calon jamaah haji setiadp kota-kabupaten, termasuk di Jabar, sangat mungkin, berkurang, seperti yang dialami Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Mengutip sejumlah sumber, pada musim haji 2022, jumlah calon jamaah haji KBB berkurang drastis.

Didin Saepudin, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Kantor Kementerian Agama (Kemenag), KBB, mengemukakan, dalam kondisi normal, yakni sebelum wabah Covid-19, KBB memiliki kuota calon jamaah haji sebanyak 1.112 orang.

Namun, ungkapnya, seiring dengan penerapan pembatasan kuota, jumlah jamaah haji asal KBB berkurang drastis, yakni menjadi 516 orang.

Pada sisi lain, Didin mengutarakan, para calon jamaah haji yang bertolak tahun ini. melunasi biayanya pada 20 Mei 2022. Saat ini, ujar dia, pihaknya melakukan sejumlah persiapan tentang keberangkatan jamaah haji.

Tidak itu saja, lanjutnya, pihaknya pun mendata para jamaah yang tuntas menjalani Vaksinasi Covid-19 dosis I dan dosis II.. Pihaknya pun, sambung dia, menganjurkan para jamaah untuk menjalani Vaksinasi Covid-19 Booster.

"Bagi calon jamaah haji yang usianya melebihi 65 tahun yang tahun ini tidak bisa berangkat karena adanya peraturan pemerintah Arab Saudi, tetapi sudah terdaftar, mudah-mudahan, tahun depan, bisa menunaikan ibadah haji," cetusnya.

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar