Alhamdulillah, Operasi Kembar Siam Asal Sukabumi Lancar

alhamdulillah-operasi-kembar-siam-asal-sukabumi-lancar Kembar siam,Zaina dan Sahira, sebelum operasi.. (net)

PINDAINEWS -- Siapa pun, tentunya, tidak mengingkan memiliki kembar dempet alias kembar siam. Namun, takdir berkata lain.

Namun, pasangan suami-isteri asal Sukabumi, Abdul Muslih (32) dan Evi Susanti (27), harus menerima kenyataan memiliki anak kembar siam, Queenetha Zaina dan Quuenesha Zahira.

Akan tetapi, kini, kedua pasangan suami isteri itu wajib bersyukur. Pasalnya, operasi pemisahan Queenetha Zaina dan Quuenesha Zahira oleh tim dokter Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Rabu (25/5/2022), berlangsung lancar. Artinya, berkat operasi itu, tubuh kedua bocah itu kini tidak lagi menyatu.

Informasinya, operasi pemisahan Queenetha Zaina dan Quuenesha Zahiram, yang dempet pada bagian dada dan perut, berlangsung tiga jam lebih.

Namun, ada hal yang cukup menyulitkan proses operasi pemisahan itu. Yakni, adanya sejumlah organ yang sulit terpisahkan, utamanya, jantung dan liver. Meski demikian, tim dokter RSHS berhasil memisahkan organ tubuh tersebut.

"Secara umum, setelah menjalani operasi, kondisi kedua bayi itu stabil," tandas M Kamaruzzaman, Direktur Perencanaan, Organisasi dan Umum RSHS.

Dikki Drajat Kusmayadi, Ketua Tim Kembar Siam RSHS, menambahkan, kembar dempet Zahira dan Zaina ini masuk katagori Conjoined twin thoracoompalophagus, yakni atau dempet pada bagian dada dan perut.
Hal itu, jelasnya, menyebabkan beberapa orgtan tubuhnya sulit terpisahkan. Utamanya, jelas dia, jantung dan liver.

Dikki mengakui tim dokter cukup kesulitan memisahkan liver dan selaput jantung yang menempel. Akan tetapi, lanjutnya, setelah melalui berbagai usaha keras, pihaknya bersyukur bahwa pemisahan jantung dan liver bocah kembar siam itu tuntas dan lancar.

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar