Ada Tes PCR Gratis Bagi Calon Haji Jabar. Ayo Manfaatkan

ada-tes-pcr-gratis-bagi-calon-haji-jabar-ayo-manfaatkan Laboratorium PCR Kementerian Agaman.. (net)

PINDAINEWS -- Pada musim  haji 2022, ada persyaratan yang harus dipenuhi para jamaah haji, yakni hasil tes negatif Real Time-Polymerase Chain Reaction (RT-PCR).

Sebagai upaya pemenuhan kebutuhan termasuk pelayanan bagi para calon jamaah haji, khususnya asal Tatar Pasundan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar mempersilakan para jamaah haji untuk menjalani tes RT-PCR secara gratis.

Pemeriksaan RT-PCR gratis bagi calon jamaah haji Jabar itu bergulir dalam Program Jabar Nyaah ka Jamaah.

Mengutip sejumlah sumber, Ryan Bayusantika Ristandi selaku Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Jabar mengemukakan, tes RT-PCR gratis bagi calon jemaah haji itu berlangsung pada 10-14 hari sebelum keberangkatan.

Dia menjelaskan, berdasarkan peraturan pemerintah Arab Saudi,  syarat calon jamaah haji yang belum berusia 65 tahun yakni hasil tes RT-PCR yang berlaku 3 x 24 jam sebelum keberangkatan hasil negatif dan minimal menjalani Vaksinasi Covid-19 dosis I dan dosis II.

"Syarat Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan yaitu hasil negatif RT-PCR yang berlaku 1 x 24 jam satu hari sebelum keberangkatan. Pelaksanaannya di setiap kota-kabupaten," tandasnya,  Kamis (26/5/2022).

Alasan tes RT-PCR pada 10-14 hari sebelum kebarangkatan, jelasnya, karena pihaknya ingin mencegah sejumlah jamaah haji batal berangkat akibat paparan Covid-19.

Jika terdapat yang positif Covid-19, calon jamaah haji punya cukup waktu untuk menjalani pemulihan. Jadi, tegas dia, pihaknya ingin memastikan para calon jamaah haji Jabar menjalani tes RT- PCR pada 10-14 hari sebelum keberangkatan.

Pihaknya, sambung dia, menyarankan para calon jamaah haji yang menjalani RT-PCR, apa pun hasilnya, tidak tidak melakukan kontak dengan siapa pun selama 14 hari sebelum keberangkatan.

Berdasarkan data, jumlah calon jamaah haji Jabar tahun ini sebanyak 17.566 orang. Belasan ribu calon haji itu terbargi dalam 44 kelompok terbang (kloter). yakni Depok menjadi kloter pertama yang bertolak ke Tanah Suci pada 4 Juni 2022. 

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar