Perangi PMK, Vaksinasi Ternak Bergulir di Kota Bandung

perangi-pmk-vaksinasi-ternak-bergulir-di-kota-bandung Vaksinasi ternak mulai bergulir di Kota Bandung.. (Trie Widiyantie/PindaiNews)

PINDAINEWS, Bandung  - Sejak beberapa waktu terakhir, wabah Penyakit Mulut-Kuku (PMK) ternak berkuku belah, seperti sapi, kerbau, domba, dan kambing, melanda berbagai daerah di Indonesia, termasuk Kota Bandung.

Karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi, meminimalisir, sekaligus memerangi wabah PMK. Satu caranya, melalui vaksinasi ternak.

Pemkot Bandung benar-benar serius memerangi PMK. Buktinya, Pemkot Banudng melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung, menggulirkan Vaksinasi Ternak.

Dalam agenda tahap awal ini, Senin (27/6/2022), Gang Lumbung IV Babakan Ciparay menjadi lokasi Vaksinasi Ternak yang mencakup sebanyak 66 ekor sapi.

Dalam program Vaksinasi Ternak, Kota Bandung memperoleh kuota sebanyak 200 dosis vaksin. "Prioritasnya pada sapi yang termasuk program pengembangbiakan. Ini ikhtiar untuk mencegah penyebaran PMK di Kota Bandung," tandas Yana Mulyana, Wali Kota Bandung.

Soal sapi yang menjadi hewan kurban, Yana menambahkan, pihaknya tetap melangsungkan pemeriksaan kesehatan.

Pihaknya, jelas dia, mendai hewan-hewan kurban yang kondisi kesehatannya baik menggunakan pemindai barcode, untuk mendeteksi kondisi kesehatan hewan-hewan kurban melalui aplikasi e-Selamat.

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar