Disambut Volodymyr Zelenskyy, Jokowi Tiba di Ukraina

disambut-volodymyr-zelenskyy-jokkowi-tiba-di-ukraina Presiden RI, Joko Widodo, dan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy.. (net)

PINDAINEWS -- Terbukti, bahwa Indonesia punya peran besar dalam terciptanya perdamaian dunia. Terkini, agar konflik Rusia-Ukraina berakhir dalam sebuah perdamaian, Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, bertolak ke negara eks Uni Sovyet itu.

Biro Pers Sekretariat Presiden menginformasikan, pada Rabu (29/6/2022) petang, sekitar pukul 15.00 waktu setempat, Jokowi, sapaan akrab Presiden RI ketujuh ini, tiba di Ibu Kota Ukraina, Kyiv.

Kedatangan mantan Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta itu disambut Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, di Istana Maryinsky.
Penyambutan Volodymyr Zelenskyy, yang menunggu pada pintu utama Istana  Maryinsky, itu berlangsung ketika Jokowi keluar dari kendaraan.

Lalu, kedua tokoh bersalaman, saling menyapa, dan memasuki istana untuk foto bersama, dan saling memperkenalkan delegasi. Kemudian, berlanjut pada pertemuan tete-a-tete.

Agendanya, mantan Wali Kota Solo ini berbicara dengan Volodymyr Zelenskyy. Isinya, tentang upaya-upaya perdamaian antara Ukraina dan Rusia.

Sebelum bertemu orang nomor satu di Ukraina, Jokowi, yang mengharapkan konflik Rusia-Ukraina segera selesai, meninjau puing-puing sejumlah bangunan di Kota Irpin, yang terdampak konflik. Selain itu, Jokowi pun menyerahkan bantuan kemanusiaan.

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar