DPRD Jabar Butuh Dana Besar Lakukan Pengawasan Pansela

dprd-jabarl-butuh-dana-besar-lakukan-pengawasan-pansela Jalur Pantai Selatan.. (net)

PINDAINEWS -- Banyak hal yang menjadi fokus perhatian jajaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jabar. Satu di antaranya, sistem pengawasan di wilayah Pantai Selatan (Pansela) Jabar.

Melansir sejumlah sumber, informasinya, hingga kini, kinerja Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Wilayah Selatan (PSDKP WS) Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jabar belum optimal. Penybabnya, keterbatasan dana operasional.

Tentu saja, Komisi II DPRD Jabar menyesalkan terjadinya hal itu.

Ruslinawati, Wakil Ketua Komisi II DPRD Jabar, mengatakan, untuk mengawasai Pansela Jabar, yang terbentang mulai Kabupaten Sukabumi sampai Pangandaran, butuh dana operasional yang tidak sedikit.

"Pada sisi lain, dana operasional terbatas. Tentu saja, fungsi pengawasan sulit berlangsung secara optimal.," tandas Lina dalam rilis, dikutip Minggu (18/9/2022).

Padahal, sambungnya, peran UPTD PSDKP WS sangat krusial. Yakni, jelas dia, memantau pemanfaatan dan pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan secara optimal bisa berdampak positif, semisal, memberikan nilai tambah kesejahteraan masyarakat pesisir.

Dia mengatakan, sebenarnya, Sumber Daya Manusia (SDM) UPTD PSDKP WS punya kapabilitas. Sayangnya, sesal dia, hal itu kurang ditunjang oleh ketersediaan fasilitas dan biaya operasional.Karenanya, tegas dia, kondisi ini menjadi perhatian jajarannya.

Pada sisi lain, Lina, sapaan akrabnya, meminta DKP Jabar mengevaluasi lokasi Kantor UPTD PSDKP Wilayah Selatan, yang yang cukup jauh dengan titik pengawasannya.

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar