Banjir Sebabkan Jalur Cianjur-Garut Terputus

banjir-sebabkan-jalur-cianjur-garut-terputus . (Ilustrasi/net)

PINDAINEWS -- Masyarakat yang hendak melintasi jalur Cianjur-Garut terhambat. Penyebabnya, jalur Cianjur-Garut terputus akibat terendam banjir.

Mengutip sejumlah sumber, banjir berketinggian sekitar 100 sentimeter merendam ruas utama Cianjur-Garut, tepatnya, Desa Kertajadi Kecamatan Cidaun Kabupaten Cianjur.

Apah, Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Cianjur, mengemukakan, banjir itu terjadi akibat melupanya Sungai Cidamar akibat tidak sanggup menahan debit air setelah guyuran hujan deras.

Selain menggenangi akses utama itu, lanjutnya, luapan sungai itu pun menggenangi perkampungan.

Untuk menanggulanginya, tim gabungan Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Republik Indonesia (Polri), PMI, dan Relawan Tangguh Bencana (Retana) bersiaga.

Kesiapsiagaan itu pun untuk mengantisipasi terjadinya efek lain, yakni kerawanan akibat arus yang cukup kencang, utamanya, pada jembatan Citoe, yang berjarak 25 meter.

Meski demikian, kata Apah, hingga kini, bencana itu tidak menimbulkan korban jiwa. Akan tetapi, tegasnya, kesiapsiagaan menjadi keniscayaan.

Rudi Wibowo, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, menambahkan, pihaknya mengerahkan petugas ke lokasi banjir untuk mendata dan membantu petugas gabungan. Selain itu, lanjutnya, juga mengevakuasi warga yang terdampak banjir.

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar