Catat, Ada Aturan Baru Soal Umrah 2023

catat-ada-aturan-baru-soal-umrah-2023 . (Twitter)

PINDAINEWS -- Publik Indonesia yang berencana menunaikan umrah pada tahun ini, wajib memperhatikan dan menaati berbagai hal. Satu di antaranya, regulasi yang ditetapkan pemerintah Arab Saudi.

Pasalnya, tahun depan, Pemerintah Arab Saudi memberlakukan regulasi baru tentang umrah.

Mengutip sejumlah sumber, Nur Arifin, Direktur Direktorat Jenderal  Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama (Kemenag), mengiyakan pemberlakukan regulasi baru umrah oleh Pemerintah Arab Saudi pada 2023.

Dia menambahkan, kebijakan penyelenggaraan umrah terbaru itu pun mengarah pada pola bussiness to customer (B to C).

Berdasarkan regulasi baru umrah yang ditetapkan Pemerintah Arab Saudi pada 2023 itu, tidak ada lagi pembatasan kuota umrah.

"Visa yang digunakan jamaah umrah pun boleh visa non-umrah," tandasnya.

Pengajuan permohonan visa pun, tukasnya, bisa langsung dengan provider Arab Saudi tanpa melalui provider Indonesia.

Tentu saja, tegas dia, publik di Indonesia, termasuk biro perjalanan haji-umrah, perlu merespon dan memitigasi terbitnya regulasi baru itu. Hal itu, jelasnya, untuk mengantisipasi terjadinya berbagai kendala saat penyelenggaraan umrah bergulir.

Tidak itu saja, ucapnya, idealnya, pembahasan pun tentang berbagai permasalahan di tanah air. Umpamanya, terang dia, vaksin meningitis dan harga tiket.

Noer Alya Fitra, Kepala Sub-Direktorat Pengawasan Umrah Direktorat Jenderal  Umrah dan Haji Khusus Kemenag, menambahkan, penyelenggaraan umrah tetap melalui Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU).

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar