Warning BNPB: Tetap Siaga dan Waspadai Banjir

warning-bnpb-tetap-siaga-dan-waspadai-banjir . (Ilustrasi/net)

PINDAINEWS -- Memasuki bulan-bulan terakhir 2022, sebaiknya, daerah-daerah di Indonesia bersiaga lebih ekstra, dan mewaspadai potensi terjadinya bencana hidrometeorologi, semisal banjir.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menerbitkan early warning kepada seluruh kota-kabupaten, agar ekstra waspada dan bersiap menyikapi kemungkinan terjadinya banjir yang prediksinya tetap berlangsung hingga awal Oktober 2022.

Melansir sejumlah sumber, Abdul Muhari, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, menyatakan, prakiraan cuaca September 2022, termasuk Jabar, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah, termasuk Papua, tepatnya Timika, wajib ekstra siaga dan waspada banjir.

Abudl Muhari meneruskan, hingga awal Oktober 2022, selain longsor, tidak tertutup kemungkinan, beberapa daerah dilanda banjir bandang karena luapan sungai yang tidak kuasa menampung debit air apabila terjadi hujan deras.

Dia meminta masyarakat yang berada pada alur Daerah Aliran Sungai (DAS) agar terus melakukan pengecekan untuk mengetahui ada tidaknya berbagai penyumbatan, yang bisa menimbulkan luapan sungai sehingga memicu terjadinya banjir bandang.

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar