Bendungan di Jabar Bertambah, Ciawi-Sukamahi Tuntas Akhir 2022

bendungan-di-jabar-bertambah-ciawi-sukamahi-tuntas-akhir-2022 Bendungan Sukamahi.. (net)

PINDAINEWS -- Ketersediaan infrastruktur bisa menopang dan menunjang beragam aktivitas, khususnya, perekonomian. Tidak heran, pemerintah menggulirkan beragam proyek yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN). Di antaranya, pembangunan sejumlah bendungan.

Beberapa di antara bendungan-bendungan itu, lokasinya di Jabar. Dua di antaranya, adalah Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi.

Bagaimana perkembangannya?

Mengutip sejumlah sumber, Kementerian Pekerjaan Umum-Perumahan Rakyat (PUPR), optimistis bahwa proyek pembangunan Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi tuntas akhir 2022.

Jarot Widyoko, Direktur Jenderal (Dirjen) Direktorat Jenderal Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR, menyatakan, paling lambat, akhir 2022, pembangunan Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi tuntas.

"Target kami, paling cepat, periode Oktober-November 2022, menjadi momentum tuntasnya pembangunan Bendungan SUkamahi dan Bendungan Sukamahi," tandas Jarot, Kamis (29/9/2022).

Dia  berpendapat, kehadiran dua bendungan itu, satu di antaranya, berfungsi untuk meminimalisir dan mengendalikan banjir di wilayah sekitar Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta.

Dia menjelakan, Bendungan Ciawi yang bernilai kontrak Rp 798,7 miliar itu bervolume tampung 6,05 juta meter kubik. Area genangan seluas 39,40 hektare, lanjutnya, bisa mereduksi banjir 111,75 meter kubik per detik.

Bendungan Sukamahi, sambungnya, berdaya tampung 1,68 juta meter kubuk. Areal genangan bendungan yang pembangunannya bergulir 2017 dan bernilai kontrak Rp 464,93 miliar itu seluas 5,23 hektare ini, mampu mereduksi banjir 15,47 meter kubik per detik.

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar