Indonesia-Jepang-Korsel Jajaki Sinergi Transportasi

indonesia-jepang-korsel-jajaki-sinergi-transportasi Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan.. (net)

PINDAINEWS -- Menjalin kerja sama menjadi bagian strategi agar meraih performa dan kinerja optimal. Kerja sama pun berlaku pada sistem transportasi.

Melihat kondisi itu, memanfaatkan momentum Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjajaki peluang kerja sama transportasi dengan dua negara kuat Asia, Jepang dan Korea Selatan (Korsel).

Melansir sejumlah sumber, Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan, melangsungkan pertemuan dengan delegasi Jepang, yakni Penasihat Khusus Perdana Menteri Jepang, Mori Masafumi, dan Won Hee-Ryong, Menteri Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi Korsel. Ketiganya membahas peluang kerja sama transportasi pada masa mendatang.

Budi Karya Sumadi menyatakan, Jepang dan Korsel adalah mitra strategis Indonesia. Selama ini, kata dia, kedua negara Asia Timur ini melakukan beragam kerja sama dengan Indoensia dalam beragam bidang, termasuk transportasi.

Bersama Jepang, Budi Karya Sumadi membahas beberapa pembangunan yang telah dan segera tersinergikan oleh Indonesia-Jepang.

MIsalnya, sebut dia, pembangunan Mass Rapid Transit (MRT). Lalu,  Pelabuhan Patimban. Kemudian,  pembangunan proving ground.

Berikutnya, kereta semi cepat Jakarta-Surabaya.  Juga infrastruktur laut beserta Suber Daya Manusia (SDM)-nya.

Sedangkan bersama Korsel, pembahasannya tentang sejumlah pembangunan. Umpamanya, proyek MRT Jakarta dan Light Rail Transit (LRT) Jakarta. Lalu, pembangunan sektor laut-udara. Juga, pengembangan SDM transportasi.

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar