KTT G-20 Hasilkan Puluhan Kesepakatan

ktt-g-20-hasilkan-puluhan-kesepakatan Presiden Indoensia, Jokowi (kanan) serahkan tongkat G-20 kepada India.. (net)

PINDAINEWS -- Berakhir sudah ajang kelas dunia yang berlangsung di Nusa Dua Bali pada 15-16 November 2022, yakni Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20.

Tentunya, ada hal yang dihasilkan dalam pertemuan para kepala negara anggota G-20. Yakni, sebuah Deklasrasi Bali yang berisikan 52 poin.
Mengutip sejumlah sumber, Presiden Indonesia, Joko Widodo, mengemukakan, secara global, KTT G-20 membahas berbagai isu.

Misalnya, ketahananan pangan, energi, dan teknologi digital.Jokowi, sapaan akrab orang nomor satu di tanah air ini mengiyakan bahwa KTT G-20 menghasilkan puluhan kesepakatan yang terangkum dalam Deklarasi Bali 2022.

Di antaranya, sebut dia, para pemimpin dunia sepakat bahwa konflik Rusia-Ukraina harus berakhir.

Kemudian, lanjutnya, terbentuknya Pandemic Fund, yakni program pendaaan untuk mengatasi berbagai pandemi di dunia bernilai 1,5 miliar dolar Amerika Serikat (AS).

Hal berikutnya, kata Jokowi, yakni terciptanya Resilience & Sustainability Trust bernilai 81,6 milar dolar AS dinaungi The Internatioal Monetary Fund (IMF). Dana itu untuk membantu negara-negara yang mengalami krisis.

Selanjutnya, hadirnya mekanisme transisi energi, khususnya bagi Indonesia. Bentuknya, berupa Just Energy Transistion Partnership atau kerja sama transisi energi bernilai 20 miliar dolar AS.

Seiring dengan berakhirnya KTT G-20, usai pula status Indonesia sebagai Presidensi G-20. Selanjutnya, Jokowi menyerahkan tongkat kepemipinan Presidensi KTT G-20 kepada Narendra Modi, Perdana Menteri India.

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar