Walah, Nama Menteri Perdagangan Muncul dalam Sidang Suap Unila

walah-nama-menteri-perdagangan-muncul-dan-sidang-suap-unila Gedung Rektorat Universitas Lampung.. (net)

PINDAINEWS -- Bagi kalangan yang aktif dalam dunia pendidikan, seyogianya menjadi panutan dan pengayom masyarakat. Namun, apa yang dilakukan Profesor Karomani, eks Rektor Universitas Negeri Lampung (Unila), sangat tidak patas menjadi panutan.

Apa sebabnya?

Beberapa waktu lalu, Profesor Karomani diciduk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam sebuah Operasi tangkap Tangan (OTT) dugaan suap penerimaan mahasiswa baru Unila.

Setelah melalui berbagai tahap pemeriksaan, dugaan suap penerimaan mahasiswa baru Unila pun berada pada episode persidangan. Dalam persidangan, terkuak berbagai fakta baru.

Apa saja fakta itu?

Mengutip sejumlah sumber, ada fakta baru dalam persidangan dugaan suap penerimaan mahasiswa baru Unila di Pengadilan Negeri (PN) Tanjung Karang Bandar Lampung.

Yakni, adanya nama Zulkifli Hasan, Menteri Perdagangan dalam daftar nama sejumlah pejabat yang dugaannya, menitipkan kerabatnya agar bisa menjadi mahasiswa baru Unila kepada Profesor Karomani.

Dalam daftar yang juga tayang dalam persidangan tersebut, tercantum beberapa tokoh dan pejabat negara yang dugaannya, turut menitipkan kerabatnya agar menjadi mahasiswa Unila.

Antara lain, Zulkifli Hasan selaku Menteri Perdagangan, Anggota Grand Master sekaligus anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Utut Adianto.

Dalam persidangan, Profesor Karomani mengungkapkan,  bahwa Zulkifli Hasan keponakannya yang berinisial ZAG, agar bisa masuk Fakultas Kedokteran Unila Tahun Penerimaan 2022 plus imbalan sejumlah uang.

Namun, Profesor Karamoni menegaskan, tidak pernah bertemu Zulkifli Hasan secara langsung.

Penitipan itu, kata Profesor Karamoni, melalui Ary Meizari Alfian, Ketua Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Lampung.

Dalam sidang itu, Profesor Karamoni menyatakan bahwa dugaannya, Ary Meizari Alfian pun menitipkan uang bernilai ratusan juta rupiah kepada Karomani, melalui Mualimin, orang kepercayaan sang profesor.

Daftar Nama-nama Titipan Calon Mahasiwwa Baru Unila
1. NZ titipan Anggota DPR,  Utut Adianto)
2. AQ NP titipan Thomas Rizka)
3. KDA titipan Tamanuri
4. SNA titipan Polda Joko
5. NA titipan Sulpakar
6. RAR titipan Bupati Lampung Tengah
7. FA titipan Pendekar Banten
8. ZA titipan Zulkifli Hasan, Menteri Perdagangan
9. ZAP titipan Andi Desfiandi (terdakwa)
10. R titipan Khadafi, anggota DPR
11. PR titipan Keluarga Banten
12. FS titipan Asep Sukohar, Wakil Rektor II Unila
13. M titipan Asep Sukohar
14. AC titipan Alzier Dianis Thabranie
15. NA titipan Sulaiman
16. NT titipan Dr. Z
17. RBM titipan pemilik saham RS Urip Sumoharjo
18. AF titipan Mahfud Suroso
19. M titipan Budi Sutomo
20. MZ titipan Budi Sutomo, CPM, dan R.

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar