Bupati Garut: Alhamdulillah, Tidak Ada Korban Jiwa Akibat Gempa

bupati-garut-alhamdulillah-tidak-ada-korban-jiwa-akibat-gempa . (Ilustrasi/net)

PINDAINEWS --   Pada Sabtu (3/12/2022) petang, sekitar pukul 16.49 WIB, Garut diguncang gempa berkekuatan 6,4 Skala Richter (SR). Tentu saja, hal itu menimbulkan banyak kekhawatiran dan kecemasan..

Kekhawatirannya, Garut mengalami kondisi yang sama dengan Cianjur, yang satu pekan sebelumnya, juga diguncang gempa 5,6 SR, yang menyebabkan ratusan orang tewas.

Namun, publik Garut bisa bernafas lega. Pasalnya, informasinya, gempa Garut tidak menumbulkan korban jiwa.

Melansir sejumlah sumber, Rudy Gunawan, Bupati Garut. menyatakan, pihaknya bersyukur bahwa hingga kini, belum ada pelaporan tentang adanya korban jiwa akibat gempa.

Rudy Gunawan meneruskan, melalui koordinasi dengan beberapa pihak, semisal Kepolisian Resor (Polres) Tasikmalaya, dan Komando Distrik Militer (Kodim) setempat, pihaknya mendata dan mengecek berbagai kondisi, termasuk wilayah Garut Sealatan.

Rudy Gunawan mengakui bahwa akibat gempa, terdapat sejumlah rumah yang retak. Selain itu, sambungnya, ada juga beberapa unit fasilitas pendidikan yang rusak,

"Kami masih terus melakukan asesemnt," ujar Rudy Gunawan.

Pihaknya pun, lanjutnya, membangun sejumlah pos sebagai bagian mitigasi bencana. Misalnya, kata dia, beberapa sekolah, tempat ibadah, dan lainnya.

Pihaknya pun, ujarnya, menginstruksikan kewilayahan agar terus memantau dan melaporkan berbagai perkembangan. Yang menjadi kekhawatirannya, sahut dia, yakni adanya gempa susulan.

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar