Erupsi Semeru Masih Terjadi

erupsi-semeru-masih-terjadi Erupsi Semeru masih terjadi.. (net)

PINDAINEWS -- Sepertinya, putusan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang menetapkan gunung vulkanik tertinggi di Jawa, Semeru, berstatus Level IV alias AWAS, merupakan hal yang tepat.

Pasalnya, hari ini, erupsi Semeru masih berlangsung. Selain erupsi, gunung berketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut itu pun memuntahkan awan panas guguran beramplitudo 25 milimeter dan berdurasi 386 detik.

Mengutip sejumlah sumber, Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Semeru menginformasikan, selama periode pengamatan 5 Desember 2022 pukul 00.00-06.00 WIB,  Semeru 29 kali erupsi beramplitudo 11-22 milimeter dan berdurasi gempa giuguran 65-120 detik.

Hasil pengamatan lainnya, terjadi enam gempa guguran beramplitudo 1-8 milimeter dan berdurasi 50-140 detik, sekali gempa vulkanik dalam, dan sekali gempa tektonik jauh.

Melihat hal itu, PVMBG tetap meminta dan mengimbau masyarakat agar tidak beraktivitas apa pun pada sektor tenggara, sepanjang Besuk Kobokan, yang berjarak 13 kilo meter dari pusat erupsi.

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar