Cipali Ruas TOL Paling Berbahaya Sejagat

cipali-ruas-tol-paling-berbahaya-sejagat Ruas TOL Cikopo-Palimanan.. (net)

PINDAINEWS -- Memang, kehadiran sejumlah ruas Tax On Location (TOL) di Indonesia bisa mempercepat mobilitas dan menggerakkan beragam aktivitas, termasuk ekonomi.

Namun, di antara ruas TOL di tanah air, ternyata, Cikopo-Palimanan (Cipali), merupakan TOL termaut sejagat. Dasarnya, level fatalitas atau kecelakaan lalu lintas Cipali menjadi yang tertinggi di dunia.

Data Kementerian Perhubungan menunjukkan, satu orang tewas dalam setiap kilo meter TOL Cipali.

Mengutip sejumlah sumber, Hendro Sugiatno, Direktur Jenderal Direktorat Jenderal (DItjen) Perhubungan Darat( (Hubdar) Kementerian Perhubungan, mengakui frekuensi terjadinya kecelakaan pada ruas TOL Cipali cenderung bertambah.

Hal itu, jelasnya, menyebabkan Cipali menjadi ruas TOL paling berbahaya di dunia karena fatalitas kecelakaannya terbesar.

Sebenarnya, lanjut dia, pengelola TOL Cipali terus berupaya mengantisipasi dan meminimalisir kecelakaan. Sayangnya, upaya itu belum optimal.

Ahmad Wildan, Senior Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), menambahkan, sejatinya, kontur Cipali sangat baik dan ideal. Pelayanannya pun positif.

Kemungkinan besar, kecelakaan-kecelakaan yang terjadi pada pada ruas TOL Cipali karena pengemudi kurang memperhatikan batas maksimum kecepatan, terutama kendaraan pribadi, yang bisa mencapai 120-150 kilo meter per jam.

Sedangkan laju truk ber-body bongsor dan berbobot berat, yakni sekitar 40-50 kilo meter per jam.

Artinya, jelas dia, berdasarkan penelitian pihaknya dan Badan Penelitian Pengembangan (Litbang) Kemenhub, perbedaan kecepatan kecepatan melebihi 100 kilo meter per jam.

Padahal, berdasarkan rekomendasi The International Road Assessment Program (IRAP), maksimum perbedaan kecepatan itu yakni 30 kilo  meter per jam.

Selain itu, lanjutnya, faktor kondisi fisik pengemudi pun berpengaruh.

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar