Piala Dunia: Kroasia Hentikan Perjalanan Jepang

piala-dunia-kroasia-hentikan-perjalanan-jepang Kroasia hentikan perjalanan Jepang melalui adu penalti.. (okezone)

PINDAINEWS -- Performa mengejutkan yang ditunjukkan Jepang pada pentas The Federation Internationale de Football Association (FIFA) World Cup 2022 tidak berlanjut. Kiprah Jepang berakhir karena disingkirkan Kroasia.

Pada matchday Babak 16 Besar The FIFA World Cup 2022, Jepang menyerah 1-3 kepada Kroasia dalam drama adu penalti. Tos-tosan itu terjadi karena Jepang dan Kroasia berbagi angka 1-1 selama 90 menit plus extra time 2 x 15 menit.

Tentu saja, hasil tersebut membuat Kroasia bersuka-cita. Duta Eropa Timur ini melanjutkan perjalanannya karena berhak menjadi kontestan Babak Perempatfinal The FIFA World Cup 2022.

Sebenarnya, dalam laga di Al Janoub Stadium itu, Jepang hampir melanjutkan kejutannya. The Blue Samurai sempat membuat Kroasia ketar-ketir karena unggul 1-0 berkat gol Daizen Maeda pada menit 43.

Namun, berbekal motivasi ingin mengulang sukses 2018, yakni menjadi finalis ajang yang sama, Kroasia meresponnya.

Hasilnya, Kroasia yang pada final The FIFA World Cup 2018 menyerah 2-4 kepada Prancis, berhasil menyeimbangkan skor menjadi 1-1 melalui aksi winger Tottenham Hotspur, Ivan Perisic, pada menit 55.

Karena hingga waktu normal dan extra time 2 x 15 menit tidak ada lagi gol tercipta, The Fujiyama Army dan Kroasia melakoni adu penalti guna menentukan pemegang tiket Babak Perempatfinal.

Pada tos-tosan, tiga di antara empat algojo awal Jepang, yakni Takumi Minamino, Kaoru Mitoma, dan Maya Yoshida, gagal menuntaskan tugasnya. Hanya Takuma Asano yang berhasil mengeksekusi penalti.

Sedangkan tiga di antara empat algojo Kroasia, berhasil memenuhi kewajibannya mengeksekusi penalti. Yakni Nicola Vlasic, Marcelo Brozovic, dan Mario Palasic.

Satu lainnya, Marko Livaja gagal mencetak gol. Meski demikian, Kroasia unggul 3-1 dan berhak berlaga pada Babak 8 Besar yang berlangsung 9 Desember 2022.

Hasil Matchday Babak 16 Besar The FIFA World Cup 2022
Belanda vs Amerika Serikat 3-1
Argentina vs Australia 2-1
Prancis vs Polandia 3-1
Inggris vs Senegal 3-0
Brazil vs Korea Selatan 3-1

Babak Perempatfinal The FIFA World Cup 2022
Belanda vs Argentina
Inggris vs Prancis
Kroasia vs Korea/Brazil

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar