PVMBG: Ada Dua Sumber Gempa di Garut

pvmbg-ada-dua-sumber-gempa-di-garut . (Ilustrasi/net)

PINDAINEWS -- Beberapa waktu lalu, Kabupaten Garut diguncang gempa berkekuatan cukup besar, yakni 6,4 Skala Richter (SR). Meski demikian, publik Garut bersyukur karena tidak ada korban jiwa akibat gempa itu.

Meski demikian, seluruh elemen masyaraka Kabupaten Garut wajib waspada.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi (PVMBG), Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan, ada sumber gempa di Garut.

Mengutip sejumlah sumber, Supartoyo, Penyelidik Bumi Madya, PVMBG Kementerian ESDM, saat bertemu Rudy Gunawan, Bupati Garut, mengemukakan, dua sumber gempa bumi terdapat di wilayah Kabupaten Garut

"Sumber pertama, yakni pada perairan yang berasosiasi dengan zona subduksi (zona penunjaman). Sumber kedua, patahan aktif di darat atau Sesar Garsela di sekitar Kecamatan Pasirwangi,” tandasnya.

Wilayah Selatan Garut, sambung dia, ada zona subduksi dan zona penunjaman yang cukup aktif. Gempa 5,5 SR, ucap dia, pada 12 November 2022 dan 3 November 2022 berkekuatan 6,4 SR adalah indikatornya.

Melihat hal itu, Supartoyo menegaskan, pihaknya siap membantu  Pemerintah Kabupaten (Garut) memitigasi gempa dan tsunami.

Rudy Gunawan, Bupati Garut, menuturkan, akibat gempa 6,4 SR, sekitar 40 unit rumah di beberapa wilayah Kabupaten Garut mengalami rusak ringan, yakni retak-reta, termasuk beberapa sekolah.

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar