OJK: Puluhan Perbankan Tuntaskan Pemenuhan Modal Inti

ojk-puluhan-perbankan-tuntaskan-pemenuhan-modal-inti . (Ilustrasi/net)

PINDAINEWS -- Agar bisa tetap beroperasi, industri perbankan wajib memenuhi sejumlah persyaratan yang ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Satu di antaranya, pemenuhan modal inti.

Berkenaan dengan  hal itu, mengutip sejumlah sumber, OJK menyatakan, puluhan perbankan dalam proses penuntasan pemenuhan modal inti sebesar Rp 3 triliun yang batas akhirnya pada 1 Januari 2023.

Dian Ediana Rae, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, mengemukakan, secara keseluruhan, industri perbankan yang dalam proses penyeleseaian modal inti Rp 3 triliun sebanyak 37 perbankan.

"Hanya beberapa di antaranya yang dalam proses listing atau right issue pasar modal," tandas mantan Kepala Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan (KPw) Jabar ini. dalam Dewan Komisioner Bulanan (RDKB) November 2022, Selasa (6/12/2022).

Dian Ediana Rae melanjutkan, kemungkinannya, hanya 1-2 lembaga perbankan yang perlu akselerasi pemenuhan ketentuan modal inti.

Apabila seluruh perbankan tersebut ketentuan modal inti bernilai Rp 3 triliun terpenuhi, tegasnya, proses konsolidasi perbankan terus bergulir.

Pihaknya, sahut dia, terus memantau berbagai dinamika agar bisa merespons struktur pasar dan perkembangan secara tepat.

Untuk itu, ungkapnya, pihaknya berencana menggelar riset atau tes kebutuhan ekonomi tentang kebutuhan perbankan umum dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Indonesia agar bisa lebih kompetitif dan efisien sehingga menjadi penopang ekonomi.

Pihaknya menilai, sambungnya, melalui pemenuhan modal inti Rp 3 triliun, dalam medium term, perbankan nasional bisa berkontribusi yang lebih besar lagi.

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar