Ini Titik Tanggul Jebol Pemicu Banjir Cilengkrang

ini-titik-tanggul-jebol-pemicu-banjir-cilengkrang Titik tanggul yang jebol hingga membuat banjir Kompels Jati Endah Regency. (Rizky Perdana/PINDAINEWS)
PINDAINEWS, Bandung - Banjir bandang menerjang Kompleks Jati Endah Regency, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Sabtu (9/2/2018) sekitar pukul 22.00 WIB. Hujan yang sangat deras disertai angin kencang mengakibatkan tanggul sungai yang ada di kompleks ini jebol, sehingga arus sungai masuk ke perumahan.

Berdasarkan pantauan PINDAINEWS, tanggul yang jebol setinggi kurang lebih lima meter dengan panjang juga 5-6 meter. Lokasi tanggul berada di bagian kiri gerbang kompleks.

Terlihat material bebatuan tanggul yang jebol ikut terbawa arus sungai dan memenuhi sepanjang jalan kompleks ini. Akibat jebolnya tanggul, arus sungai juga masih mengalir ke perumahan, walau dengan volume lebih kecil.

Tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas, BPBD, TNI-Polri saat ini tengah berupaya mengeluarkan sisa batu tanggul dari badan sungai, agar aliran normal kembali. Lalu, tim SAR untuk sementara menutup tanggul dengan karung-karung berisi tanah. Hal ini agar bisa menahan arus sungai agar tidak masuk ke kompleks.

Proses pembersihan material banjir masih berlangsung hingga saat ini sekitar pukul 14.00 WIB. Warga pun masih dilanda kekhawatiran banjir susulan jika terjadi hujan besar kembali. Untuk cuaca sendiri saat ini terpantau berawan.



Editor: Gin gin Tigin Ginulur

Komentar